MOM'S LIFE

Curhat Zaskia Adya Mecca yang Tak Ingin Memanjakan Anak

Amelia Sewaka Sabtu, 24 Nov 2018 - 19.30 WIB
Curhat Zaskia Adya Mecca yang Tak Ingin Memanjakan Anak/Foto: Ari Saputra Curhat Zaskia Adya Mecca yang Tak Ingin Memanjakan Anak/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Zaskia Adya Mecca merupakan aktris terkenal dan mom-preuneur yang sukses. Suaminya, Hanung Bramantyo, siapa yang tak kenal dengan sutradara bertangan dingin dengan sejumlah karya berprestasi yang apik. Bikin iri ya potret keluarga Zaskia-Hanung karena dari luar, mereka terlihat sempurna. Namun, hal ini sebenarnya yang ditakutkan oleh Zaskia.

"Aku dan Mas Hanung saat ini hidup berkecukupan dan anakku tumbuh dengan keadaan seperti ini. Tapi suatu kali aku pernah coba bayangin, anak-anakku tumbuh di kondisi atau zaman aku dulu sama Mama Papaku. Nggak semudah itu ke mal, nggak semudah ini beli mainan, nggak semudah ini beli baju. Hasilnya, aku jadi orang yang struggle dan sangat menghargai barang yang aku punya karena dapetinnya tuh sulit," papar Zaskia di tengah acara peluncuran buku 'Main Bareng Bikin Seneng Melalui #BukuMamaBisa' di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut wanita kelahiran 31 tahun silam ini, agak tricky dalam membesarkan anak dalam keluarga yang mapan. Banyak orang bilang padanya, 'Enak ya Zaskia, punya uang bisa nyenengin anak', ada pula yang bilang, 'Gampang ya gedein anak kalau mapan'. Apalagi dia juga terkenal, orang makin berpikir 'enaknya jadi anak artis'.
Curhat Zaskia Adya Mecca yang Tak Ingin Memanjakan AnakFoto: Instagram
"No, justru sulit buatku untuk membesarkan mereka dalam kondisi aku sekarang. Asal tahu ya, membesarkan anak artis buat aku sama Mas Hanung itu PR banget. Contoh, pas kita ke mal atau main di mana, anak lain antri terus pengelola tempat lihat aku sama Mas Hanung dan membuat anak aku masuk dengan akses VIP tanpa antri kayak anak lain. Wah, itu kan mengajarkan anakku bahwa oh mudah ya kalau ada ayah ibu," tambah Zaskia.

Zaskia paling anti banget sama hal tersebut. Karena, dengan begitu anaknya jadi tidak belajar apa-apa, tidak tahu bahwa teman-temannya antri dan panas-panasan untuk main di tempat tersebut. Terus kalau ada hadiah atau apa, anak mereka suka dibagi duluan atau ketika diminta menjawab atau bertanya sesuatu, anaknya juga diduluankan.
Curhat Zaskia Adya Mecca yang Tak Ingin Memanjakan AnakFoto: Instagram/Zaskia Adya Mecca
"Makanya buatku, ketika ada orang yang memberikan kemudahan atau perlakuan khusus ke anak-anakku, aku bukannya senang tapi malah deg-degan. Wah, anak gue mikir apa nih kalau gampang gini. Jangan salah, membesarkan anak dalam kondisi dikenal banyak orang atau berkecukupan itu juga nggak mudah," kata ibu dari Bhumi, Sybil, Kala dan Kaba ini.

Saat ini Zaskia Adya Mecca dan Hanung sedang putar otak gimana caranya walau punya uang, mereka harus menolak ketika anak-anaknya meminta sesuatu. Meski sebenarnya nggak tega, tapi Zaskia tak ingin terlalu memanjakan anak mereka.

"Menahan ego sebagai orang tua itu nggak mudah. Tapi aku juga nggak ingin, anakku terbiasa gampang minta ke orang tuanya," ungkap Zaskia Adya Mecca.


Ya, semua orang tua pasti ingin memberikan kasih sayang dan perhatian bagi buah hatinya. Namun, kadang timbul kekhawatiran karena menunjukkan kasih sayang dan rasa cintanya pada anak, orang tua bisa dinilai terlalu memanjakan putra-putrinya.

Menurut psikolog klinis Agustina, yang juga pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menyenangkan dan membahagiakan anak-anak mereka. Nah, salah satunya adalah dengan memanjakan mereka.

"Memanjakan anak di sini dapat dilakukan dengan memberikan kelonggaran terhadap aturan yang diberikan. Sejauh jika orang tua merasa bahwa memang aturan ini masih dapat ditawar," tutur Agustina seperti dilansir detikcom.

Agustina menambahkan, cara lain yang bisa dilakukan orang tua yakni memenuhi apa yang diinginkan anak, sejauh keinginan itu memang pantas dipenuhi dan orang tua mampu untuk memenuhinya. Penting pula untuk mencurahkan kasih sayang dengan cara menyediakan waktu untuk menemani anak melakukan aktivitasnya.
(aml/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi