sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Jessica Biel Soal 'Terrible Two' Anak, Kalau Bunda Gimana?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 13 Sep 2017 13:07 WIB
Seperti ibu lain, Jessica Biel juga merasakan 'terrible two' saat anaknya berumur 2 tahun nih, Bun. caption
Jakarta - Saat si kecil berusia dua tahun, pasti kita pernah dengar istilah 'terrible two' ya, Bun? Di mana anak usia 2 tahunan mulai bertingkah dan kadang, sampai bikin kita mumet. He he he. Nah, 'terrible two' ini juga dialami sama Jessica Biel.

Putra Jessica Biel sama Justin Timberlake, Silas sekarang udah berumur 2 tahun. Seperti anak lain, Silas lagi hobi banget bereksplorasi termasuk mencoba berbagai makanan seperti cokelat. Silas, kata Biel, juga suka banget main play doh hingga seperti bunda-bunda yang lain, Biel merasa kayaknya rumah nggak bisa rapi.

"Sebelum Silas tidur, saya harus membersihkan objek kecil yang ada di tangannya sehingga dia nggak terbangun di malam hari. Mungkin, kalau orang berkunjung ke rumah saya, karena terlalu berisik dan berantakan mereka akan pulang dengan sendirinya," seloroh wanita 35 tahun ini saat tampil di 'The Late Show with Stephen Colbert'.


Bahkan, Biel bilang kalau orang lain membangunkan Silas tengah malam, itu sama saja 'menjerumuskan' dia, Bun. Hayo, Bunda setuju nggak sama apa yang dikatakan Biel, ketika ada orang yang sengaja membangunkan si kecil tengah malam sampai dia nggak bisa tidur dan crancky, alhasil kita harus begadang semalaman?

Sebagai ibu, Biel juga mengungkapkan kekhawatirannya. Terlebih, banyak orang yang menyebut masa 'three teens'. Ketika anak masuk umur 3 tahun, tingkahnya bisa lebih menantang buat kita sebagai orang tua, bahkan disebut lebih rumit dibanding menghadapi remaja yang sesungguhnya.

Baca juga: Batita Pegang-pegang Baju di Mal, Tanda Dia Ingin Baju Itu?

"Dengar, nggak semuanya mengerikan kok. Silas anak yang mengagumkan. Dia anak yang manis dan lucu," ujar Biel. Soal istilah 'terrible two', ini memang sering banget Bun mampir di telinga kita yang punya anak usia 2 tahunan. Tapi, apa memang benar 'terrible two' ini ada?

Kata Alan Kazdin dari Yale University, 'terrible two' merupakan istilah zaman dulu yang tidak didukung penelitian. Istilah ini, kata Alan muncul di tahun 1950-an. Bisa jadi, sebabnya karena banyak muncul tekanan buat para ibu dalam membentuk anak yang dianggap sempurna, berdasarkan sesuatu yang komersil yang beredar di masyarakat.

"Tapi, saat ini cukup banyak ibu yang menyadari kalau setiap anak berbeda. Tiap tahun perkembangan anak membawa tantangan dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua," ujar Alan, dikutip dari Parenting.

Alan mengingatkan, di usia 2 tahunan, anak memang mulai bereksplorasi. Jadi, menurut Alan kita mesti maklum ketika anak 'mobile' banget Bun. Kemampuan berkomunikasi mereka juga masih diasah dan perkembangan emosinya belum matang. Sehingga, wajar ketika di usia 2 tahun anak masih suka menangis dan tantrum untuk mengutarakan keinginannya.

Kalau Bunda, gimana nih ceritanya soal 'terrible two' ini?

Baca juga: Menyikapi Balita yang Berantem Gara-gara Rebutan Mainan (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi