sign up SIGN UP search


moms-life

Ini Perbedaan yang Aku Rasakan Setelah Menjadi Seorang Ibu

Nurvita Indarini   |   Haibunda Senin, 04 Dec 2017 17:14 WIB
Dulu, aku 'betah' di kantor sampai malam. Hang out sepulang kerja. Tapi kini aku lebih memilih bisa berlama-lama bersama anakku... caption
Jakarta - Bun, perbedaan apa yang paling dirasakan setelah si kecil lahir? Jadi nggak seleluasa dulu kumpul-kumpul bareng teman? Atau jadi nggak bisa lama-lama lembur di kantor karena ada sosok kecil yang menunggu di rumah? Jangan sedih, bunda nggak sendiri.

Ya, dulu saat si kecil belum lahir, bisa banget berangkat ke kantor pagi-pagi. Lalu ketika harus meeting di malam hari juga bukan masalah besar. Kemudian mencoba-coba makanan baru atau nonton bioskop bersama teman-teman sepulang kerja masih bisa dilakukan.

Tapi sejak si kecil lahir, niatnya berangkat lebih pagi ke kantor. Tapi pasti ada saja hal yang harus diurus. Misalnya nih, anak yang tiba-tiba ingin buang air besar (BAB), sarapan belum habis, drama mandi di pagi, dan lain-lainnya. Seru sih, tapi kalau lagi ada banyak urusan kerja, hmm harus banyak-banyak tarik napas panjang.




Nggak cuma saya, Endah, salah satu sahabat HaiBunda juga merasakan banyak perubahan setelah menjadi ibu. Kalau kata Endah, dulu saat anaknya belum lahir, dirinya yang hobi belanja akan banyak belanja kebutuhan pribadinya.

Kumpul sama teman kuliah yang sudah lama nggak ketemu? Hayuk aja. Atau mau karaoke bareng teman-teman kantor sepulang kerja? Bisa banget.

"Tapi sekarang kalau diajak teman pasti saya tolak, buru-buru pulang nih, he-he-he," ujar Endah saat ngobrol sama HaiBunda.

Endah bersama anak dan suaminya/Endah bersama anak dan suaminya/ Foto: Nurvita Indarini


Kalau dulu belanja untuk kebutuhan sendiri, sekarang semua untuk anak. Dari baju, mainan, semuanya untuk anak. Bahkan bisa dihitung dengan satu jari kapan Endah beli baju untuk dirinya sendiri selama setahun terakhir.

"Kalau pulang kantor nggak bisa lama-lama lagi di kantor atau kumpul sama teman. Harus on time pulangnya. Sama tuh saya sama suami saya begitu, karena suami saya kan jemput saya," tambahnya.

Tapi kalau ajakan berkumpulnya di akhir pekan oleh teman-temannya yang sama-sama sudah punya anak, sebisa mungkin Endah akan mengikutinya. Soalnya di situlah dirinya bisa seru-seruan sama teman-temannya, dan si kecil juga punya teman main lebih banyak.

"Kalau dulu kumpulnya makan bareng, sekarang kumpulnya buat playdate," lanjut ibu dari Attallah Pradipta Kurniawan ini.

Dulu, sering main ke mal. Saat main ke mal, hampir semua toko dimasuki. Tapi setelah ada si kecil jadi jarang main ke mal. Kalaupun ke mal, maka yang dimasuki adalah toko perlengkapan bayi.


"Dulu kalau weekend main sama teman, sekarang aku main sama anak aku. Jadi aku suka beli cat akrilik, aku taruh di kertas, lalu aku minta Attallah buat corat-coret. Terus aku bikin mainan sendiri, semacam busy book gitu buat Attallah," papar Endah.

Semua orang punya cara bersenang-senang sendiri. Ketika situasi berubah, kita pun jadi punya cara berbeda untuk bersenang-senang. Apalagi ketika sudah jadi ibu, kesenangan anaklah yang jadi kesenangan kita.

Gimana dengan Bunda, apa bedanya saat sebelum dan sesudah menjadi ibu? (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!