mom-life

Pernikahan yang Baik adalah Hadiah Buat Diri Sendiri dan Anak-anak

Amelia Sewaka Senin, 25 Dec 2017 12:00 WIB
Pernikahan yang Baik adalah Hadiah Buat Diri Sendiri dan Anak-anak
Jakarta - Keharmonisan dalam rumah tangga memang penting ya, Bun. Tapi buat presenter, aktris, dan model iklan Maya Septha, keharmonisan rumah tangga nggak cuma penting bagi pasutri tapi juga anak-anak.

Dalam postingannya di Instagram bersama dua buah hatinya, Maya menulis caption menyentuh yang kurang lebih isinya dia mengerti pentingnya keharmonisan rumah tangga bagi anak-anak. Apalagi, Maya adalah anak yang orang tuanya bercerai. Makanya, Maya mendambakan kerukunan sebagai tempat anak-anaknya tumbuh besar.


"Saya ingin anak anak saya punya orang tua yang mesra sampe tua. Bukan cuma asal barengan ya. Karena pasti sangat terasa di dalam situasi rumah. Cara kita memperlakukan pasangan, cara kita bicara," tulis wanita yang biasa disapa Neng Maya dalam talkshow yang dia bawakan.



[Gambas:Instagram]



Maya menambahkan ia baru mengerti setelah menikah bahwa perlu adanya usaha mati-matian dari dua orang dewasa, termasuk mengalahkan kesenangan pribadi demi kebahagiaan bersama. Maya juga merasa perlunya kita mensyukuri bagaimana pasangan kita, nggak membesarkan masalah, menganggap kerukunan lebih penting daripada menang sendiri. Itu semua, kata Maya bukan cuma sehari dua hari, tapi seumur hidup.

"Pernikahan yang baik adalah hadiah terbaik buat dirimu sendiri. Hadiah terbaik buat anak-anakmu. Hadiah terbaik buat orang tuamu," tulis Maya.

Dari caption tersebut, nggak sedikit yang muji Maya nih, Bun. Misalnya @angelia_hu33 yang menyamapaikan menikmati kasih Tuhan untuk keluargamu. Lalu @simbolonbudi71 yang mendoakan semoga anak-anak Maya Septha jdi anak yg berbakti bagi Agama ..org tua dan bangsa.

Bicara perceraian, pasti anak kena dampaknya, Bun. Pasca orang tua bercerai, anak bisa stres. Tahu nggak, Bun, stres yang dialami anak berkaitan sama bagaimana sistem dia tinggal bersama orang tuanya, lho.

Dikutip dari detikHealth, psikolog anak dan remaja dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni SPsi atau Carmel mengingatkan, ketika orang tua bercerai, memang baiknya mereka bisa mempertahankan hubungan baiknya. Soalnya, bagaimanapun sosok ayah atau ibu kandung tetap nggak akan tergantikan.

"Bagaimanapun anak harus tetap berhubungan dengan ibu kandung atau ayah kandungnya. Maka dari itu, penting sekali bagi orang tua bahkan sebelum memutuskan bercerai untuk membuat kesepakatan bahwa hubungan mereka akan tetap baik karena kalau tidak, anak yang akan jadi korban," kata Carmel.

Karenanya, seperti Maya bilang, emang penting banget menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Bukan yang hanya sekedar tinggal dalam rumah yang sama lho ya, tapi juga dari perlakuan kita ke suami maupun sebaliknya.

Tahu nggak, Bun, menjaga keharmonisan dalam rumah tangga itu bisa dilakukan lewat hal sederhana. Pada wanita yang kebersihan dan kesehatannya terjaga nggak hanya berdampak positif bagi penampilannya, tapi juga pada keharmonisan rumah tangganya.

Diungkapkan Psikolog Klinis Dewasa dari Tiga Generasi, Tiara Puspita MPsi, dengan menjaga kebersihan, otomatis kesehatan pun akan terjaga. Nah, dengan merasa bersih, wanita akan merasa cenderung lebih nyaman saat beraktivitas.


"Saat merasa tubuh kita bersih, kita lakukan aktivitas dengan mood yang lebih baik dan termotivasi untuk beraktivitas. Nah, tubuh yang sehat dan bersih juga berpengaruh pada kepercayaan diri. Saat kepercayaan diri wanita menurun, ini tidak hanya terkait aktivitasnya aja tapi juga dengan orang di sekitar, khususnya suami," tutur psikolog atau akrab disapa Tita, seperti dilansir detikHealth.

Jadi, walaupun kita tetap sibuk baik dengan pekerjaan maupun urusan rumah, jangan lupa me time-nya ya, Bun. Sesederhana, kita merawat diri di rumah atau bisa ke salon, tubuh bersih mood kita pun jadi lebih oke buat melakukan berbagai hal. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi