mom-life

Resep Harmonis Rumah Tangga AHY dan Annisa Pohan Selama 14 Tahun

Asri Ediyati Kamis, 11 Jul 2019 12:30 WIB
Resep Harmonis Rumah Tangga AHY dan Annisa Pohan Selama 14 Tahun
Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan baru saja merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-14. Namun, perayaan ulang tahun pernikahan kali ini tak biasa, AHY dan Annisa Pohan berolahraga. Hal ini terlihat di Instagram Stories milik Annisa Pohan.

Setelah olahraga tampaknya AHY dan Annisa merayakan ulang tahun pernikahan dengan makan siang bersama di sebuah restoran. AHY juga memberikan bouquet bunga beserta kartu ucapan.

"Happy 14th anniversary my dear Annisa. Thank you for always being there for me, through thick and thin, happiness and sorrow, laughter and tears... I love you so much, AHY," tulis AHY di kartu ucapan.


Ucapan yang serupa juga AHY tulis di akun Instagram-nya. Sementara itu, Annisa Yudhoyono juga membagikan beberapa kenangan masa lalu lewat video dan ucapan manis.

[Gambas:Instagram]


"Pap @agusyudhoyono, Thank for our amazing and beautiful yet a roller coaster marriage life, sometimes we have extreme highs and we can have some extreme lows, but the ride make our bond even stronger. Thank you for being my husband, my best friend and the light of my life that always guides me in every step that we take together. Happy 14th Anniversary Pap, I love you always and forever," tulis Annisa Pohan.

AHY pun membalasnya dengan komentar, "Thank you for everything you've done for me and our little family. Let's continue our journey. Together. Love you always and forever, too."

Membina rumah tangga selama 14 tahun tentunya tak semudah yang dikira. Terlebih keduanya figur yang dikenal banyak orang. Tentu ada beberapa rintangan yang harus dilalui. Soal ini AHY dan Annisa Pohan punya resep.


Meski tak dibicarakan secara langsung, 'resep' ini terlihat di berbagai tindakan AHY pada Annisa. Begitu pula sebaliknya. Beberapa waktu lalu, dikutip dari detikcom, AHY pernah bercanda mengenai sosok istrinya yang suaranya seperti suara 10 orang.

"Sudah dibuktikan langsung, menikahi satu perempuan Pohan saja, suaranya seperti 10 orang, padahal di rumah hanya ada saya, Annisa, dan Aira," tutur AHY.

Di sini kita bisa tahu, AHY dan Annisa saling memahami, menerima kekurangan-kelebihan, dan memiliki komunikasi yang baik satu sama lain. Dalam beberapa unggahan di Instagram Annisa Pohan juga memperlihatkan AHY selalu menyempatkan diri untuk ikut hadir dalam acara sang istri.

[Gambas:Instagram]

Yang terakhir, Annisa juga pernah menyebutkan kunci pernikahan harmonis adalah saling percaya. Hal ini terbukti ketika Annisa Pohan percaya dengan keputusan AHY untuk pensiun dari militer dan terjun ke dunia politik. Wah, memang kalau lihat pasangan yang satu ini kelihatan klop dan harmonis ya, Bun.

Untuk menciptakan pernikahan yang harmonis ada konsep 'great marriage'. Deny Hen, MM, CLC, founder Pembelajar Hidup sekaligus life and marriage coach mengatakan banyak sekali pasangan yang tidak mengalami apa yang disebut dengan great marriage. Kata Deny, great marriage adalah pernikahan dengan visi bersama yang dapat dinikmati kedua pihak.

"Pernikahan yang bahagia, awet, intim, hot dan sekalipun sudah melewati masa cinta romantis, biasanya berakhir dalam 2 sampai 4 tahun saja," tutur Deny.

Deny menjelaskan ada dua yang mendasari enggak tercapainya great marriage. Pertama, terbatasnya pendidikan pranikah yang memadai berdasarkan sains dan penelitian di Indonesia.

"Yang kedua, banyak pasangan yang mempersiapkan pernikahan dari jauh-jauh hari, bahkan dari 1 tahun sebelum menikah hingga mengeluarkan banyak dana. Tapi sayangnya, justru kurang atau bahkan tidak mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah menikah," papar Deny.

Simak cerita AHY dan Annisa Pohan yang menjadikan kisah cinta SBY-Ani Yudhoyono sebagai role modelnya.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi