mom-life

Sudah Punya Anak, Bunda Pun Perlu Dapat Pujian Seksi dari Suami

Radian Nyi Sukmasari Senin, 05 Mar 2018 15:01 WIB
Sudah Punya Anak, Bunda Pun Perlu Dapat Pujian Seksi dari Suami
Jakarta - Seksi. Satu kata yang merujuk pada penampilan dan sering dianggap nggak perlu lagi disematkan pada sosok wanita setelah punya anak. Padahal, pengakuan kalau dirinya masih tetap seksi dibutuhkan lho oleh para bunda.

Ya, walaupun definisi seksi relatif tapi senggaknya dengan adanya pengakuan ini itu bisa membuat para bunda merasa percaya diri dan ini berkaitan dengan kualitas hubungannya dengan suami, demikian disampaikan terapis hubungan Isiah McKimmie. Kata Isiah, menurut beberapa studi persepsi bahwa pengakuan dirinya seksi nggak diperlukan setelah wanita punya anak dipegang oleh pria atau wanita.

"Padahal ini penting untuk ekspresi para istri terhadap sensualitas yang memengaruhi hubungan dan bisa mengurangi kesenangan mereka dalam berhubungan intim," kata Isiah dikutip dari Essential Baby.


Beberapa studi juga menunjukkan beberapa fakta nih, Bun, antara lain:
- Wanita yang sudah memiliki anak punya keyakinan terkait fungsi seksualnya yang lebih negatif dibanding wanita yang belum punya anak.
- Dua per tiga wanita merasa ekspresi seksualnya berubah ketika menjadi ibu.
- Lebih dari separuh ibu bercaya mereka nggak perlu lagi berpakaian seksi di depan suami setelah punya anak.

Berangkat dari pengalamannya sebagai terapis seks, Isiah sering mendengar para ibu berusaha menemukan sensualitas dan keinginannya melakukan aktivitas seksual kembali setelah punya anak. Terlebih, seringnya kehidupan seks pasangan berubah ketika sejak mereka memiliki anak.

"Saya sering banget mendengar para ibu bilang dia hanya nggak merasa seksi lagi karena sudah jadi ibu, merasa bersalah ketika agak memperhatikan penampilannya, menganggap seks bukan lagi prioritas dan bahkan ada yang merasa kalau sudah jadi ibu nggak perlu lagi pakai baju yang agak terbuka walaupun dengan tujuan untuk sang suami," tutur Isiah.



Sementara itu, dari sudut pandang suami umumnya mereka merasa istrinya kini berbeda semenjak jadi ibu dan itu membuat mereka nggak punya keinginan untuk melakukan aktivitas seksual yang menyenangkan. Isiah menekankan, meski sudah punya anak dan banyak perubahan yang dialami ibu, membuat ibu tetap merasa seksi atau minimal tetap percaya diri dengan keadaannya penting banget.

Seperti kita tahu, Bun, ketika istri merasa nggak percaya diri ini akan berpengaruh pada hubungannya dengan sang suami. Nah, saat hubungan suami istri nggak 'sehat' pastinya ini akan berpengaruh ke anak-anak kan? Isiah menambahkan membuat istri merasa tetap seksi bisa dilakukan lewat hal sederhana seperti suami yang menerima perubahan tubuh sang istri setelah punya anak.

"Meyakinkan istri bahwa dia tetap menarik dan nggak membandingkannya dengan wanita lain terlebih potret publik figur yang terlihat sempurna di luar sana, itu juga sudah berguna sekali," tambah Isiah.

Beberapa waktu lalu, psikolog klinis dewasa, Pingkan Rumondor, bilang menyediakan waktu untuk aktivitas seksual perlu banget dilakukan pasangan suami istri demi menjaga keharmonisan rumah tangga. Ingat, bukan berarti ketika sudah punya anak maka fokus kita cuma ke anak aja ya, Bun. Misalnya pengen quality time-an berdua sama suami, boleh banget lho dan nggak perlu kita merasa bersalah.

"Minimal sejam dalam seminggu kita lakukan sesuatu yang bikin kita dan pasangan excited. Ini demi hubungan rumah tangga kita kok. Ketika suami istri hubungannya sehat, ini juga bermanfaat buat anak kok," ujar Pingkan.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi