mom-life

Karya Seni yang Indah Ini Terinspirasi Bekas Operasi Caesar

Radian Nyi Sukmasari Senin, 09 Apr 2018 17:00 WIB
Karya Seni yang Indah Ini Terinspirasi Bekas Operasi Caesar
New Mexico - Bekas luka operasi caesar bisa jadi kenangan tersendiri bagi para ibu. Nah, gimana kalau bekas operasi caesar jadi inspirasi karya seni?

Ini dia yang dilakukan ibu dua anak Catie Atkinson. Memang, Catie belum pernah melahirkan secara caesar. Namun, selama beberapa waktu terakhir Catie sering melakukan hal-hal yang terkait dengan home birth dan water birth. Catie pun sadar kalau dia perlu membuat sesuatu yang luar biasa terkait ibu yang melahirkan caesar.

"Ibu yang melahirkan caesar sering merasa gagal dan bersalah. Lewat karya saya, saya cuma ingin membuat para ibu yang melahirkan caesar merasa dirinya tetaplah luar biasa. Baik ibu yang melahirkan di dapur atau di meja operasi, mereka sama-sama luar biasa," kata Catie kepada Babble.


Catie mendedikasikan karyanya ini terutama untuk para ibu yang menjalani operasi caesar darurat. Terlebih ketika rencana persalinan normal sudah disiapkan, kata Catie, dirinya bisa mengerti gimana kecewanya seorang ibu. Tapi, bukan berarti para ibu harus berlarut-larut dalam perasaan gagal.



Dalam salah satu foto di Instagram-nya @spiritysol, Catie menulis bahwa dia mendedikasikan hasil karyanya untuk para ibu yang menjalani operasi caesar. Lewat karyanya tersebut Catie berharap para ibu tahu bahwa dirinya berharga.

"Saya ingin kamu tahu kalau kamu adalah seorang pejuang yang berani, kuat, dan powerful. Saya harap kamu tahu melahirkan bayi di ruang operasi nggak membuat peranmu sebagai ibu menurun. Cerita melahirkanmu adalah sesuatu yang luar biasa dan sayatan luka operasimu adalah sebuah keindahan," papar Catie.

Karya Seni yang Indah Ini Terinspirasi Bekas Operasi Caesar Lho/Karya Seni yang Indah Ini Terinspirasi Bekas Operasi Caesar Lho/ Foto: Instagram @spiritysol


Bicara soal persalinan caesar darurat, peneliti dari University of Aberden, dr Mairead Black dan timnya mengamati data dari bayi yang merupakan anak sulung dan lahir selama kurun waktu 15 tahun. Total, ada 321.287 bayi yang diamati dan diketahui mereka yang lahir melalui operasi caesar terencana memiliki masalah kesehatan yang lebih banyak dibanding bayi yang lahir melalui persalinan normal atau operasi caesar darurat.

"Kebanyakan orang bisa menganggap operasi caesar yang direncanakan bisa membuat hasil yang lebih baik karena kondisinya yang terkontrol. Tapi nyatanya tidak seperti itu. Pemikiran kami, saat bayi lahir dengan cara normal maka ia mengalami kontak dengan bakteri dari ibu yang bisa membantu mengembangkan sistem imunnya," kata dr Black kepada New York Times.



Sementara itu, Carol Sakala, direktur Childbirth Connection Programs di National Partnership for Women & Families mengatakan ketika ibu tidak menunggu proses persalinan mulai dengan sendirinya, meski pada akhirnya ibu harus menjalani operasi caesar, ibu akan 'memotong' semua perubahan fisiologis dan persiapan kelahiran yang terjadi jelang akhir kehamilan.

Karya Seni yang Indah Ini Terinspirasi Bekas Operasi Caesar Lho/Karya Seni yang Indah Ini Terinspirasi Bekas Operasi Caesar Lho/ Foto: Instagram @spiritysol


"Kita tahu bahwa ibu yang lebih dulu berusaha bersalin normal, bahkan jika akhirnya mereka menjalani operasi caesar akan mendapat banyak keuntungan. Awal dari proses bersalin normal saja itu merupakan proses yang amat sulit dan mungkin itulah yang membuat bayi lebih sehat," tutur Sakala. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi