sign up SIGN UP search


moms-life

Keren! Saat Anti Mom Shaming Jadi Tema Sesi Foto Anak

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 28 Aug 2018 09:53 WIB
Mom shaming jadi fenomena yang makin banyak terjadi saat ini. Nah, seorang fotografer mengangkat tema anti mom shaming untuk sesi foto anak-anak. caption
Jakarta - Sesi foto anak-anak lumrah dibuat dengan tema lucu dan menggemaskan. Namun, sesi foto anak-anak yang satu ini berbeda dengan yang lain. Gimana nggak, ada sebuah pesan tentang mom shaming yang hendak disampaikan oleh sang fotografer, Abbie Fox.

Abbie sengaja mengangkat tema anti mom shaming untuk sesi fotonya. Ibu tiga anak dan pemilik Foxy Photography ini menggunakan medianya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang fenomena mom shaming. Fox mengunggah serangkaian potret anak-anaknya yaitu Maverick (3), Georgia (6), Millie (7 bulan) dan anak beberapa kliennya.

Anak-anak itu berpose dengan papan berisi pesan tentang mom shaming. Serial fotonya menjadi viral karena Fox dan orang-orang yang pernah mengalaminya tahu persis bagaimana rasanya dihakimi oleh orang lain. Padahal mereka berusaha melakukan yang terbaik sebagai orang tua.


"Saya dipermalukan karena banyak hal, terutama terkait memberi asupan untuk si kecil. Saat pertama kali menjadi ibu untuk Maverick, saya mengalami kesulitan untuk merawat anak. Selama enam minggu keluarga saya berjuang, konsultasi ke dokter, perawat dan spesialis. Saya menangis sampai tertidur di malam hari," kata Fox kepada Motherly.

Keren! Saat Anti Mom Shaming Jadi Tema Sesi Foto AnakKeren! Saat Anti Mom Shaming Jadi Tema Sesi Foto Anak/ Foto: Abbie Fox



Fox melanjutkan, ia dihakimi orang-orang sebagai ibu yang tidak baik kecuali bisa menyusui anaknya. Gawatnya, orang-orang yang melakukan mom shaming berasal dari orang-orang yang Fox pikir adalah teman-teman baiknya. Fox mengaku ia lebih lancar memberi ASI pada anak berikutnya. Akan tetapi sayangnya selalu ada celah yang bisa membuat orang lain menghakimi Fox.

"Saya juga merasa malu karena mengizinkan anak-anak saya menonton TV di usia muda. Saya malu karena menjadi ibu yang bekerja dan kemudian ketika saya menjadi ibu rumah tangga saya tetap menjalankan bisnis ini," tutur Fox.

Dari pengalaman pahitnya itu, tercetuslah ide untuk membuat proyek 'Anti Mommy Shammers Unite'. Di salah satu foto, anak sulungnya, Maverick berpose dengan papan yang bertuliskan 'Ibuku menggunakan metode 'Cry It Out' untuk latihan tidur'. Fox percaya orang tua harus bisa bicara tentang beda pola asuh tanpa saling menjatuhkan.

"Saya benar-benar mendapat komentar buruk, pesan Facebook, dan email yang menuduh saya melakukan pelecehan anak jika menampilkan foto anak-anak. Belajar dari pengalaman pahit itu saya mendukung cara apa pun yang dipilih orang tua untuk mengasuh anak," kata Fox dikutip dari Romper.

Padahal bukan melecehkan anak ya, Bun. Wajar adanya ketika fotografer keluarga memotret anak-anak meski bukan anak kandungnya. Sementara itu, para klien Fox yang ikut dalam sesi foto juga pernah dihakimi dengan berbagai komentar buruk. Termasuk komentar nggak mengenakkan terkait operasi caesar, menjadi ibu rumah tangga, dan menyajikan makan malam yang dianggap telat.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!