moms-life

Bunda Perlu Tahu, 4 Macam Pembagian Waktu dalam Keluarga

Amelia Sewaka Selasa, 28 Aug 2018 17:56 WIB
Bunda Perlu Tahu, 4 Macam Pembagian Waktu dalam Keluarga
Jakarta - Seperti kita tahu, menghabiskan waktu bareng keluarga adalah hal penting. Eits, tapi Bunda tahu nggak ada beberapa macam pembagian waktu dalam keluarga lho.

Pembagian waktu dalam keluarga sendiri ada beberapa macam selain family time yaitu time alone, couple time dan me time. Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana, menjelaskan dalam keluarga pertama ada yang namanya family time di mana semua anggota keluarga menghabiskan waktu bareng-bareng seperti piknik dan berbagai kegiatan lainnya.

"Intinya semua anggota keluarga melakukan suatu aktivitas dalam satu tempat, melakukan kegiatan bersama dan sama-sama enjoy. Nikmatin family time bareng seperti piknik, nonton bareng yang filmnya bisa dinikmati anak," papar Vera di tengah acara 'Peluncuran dan Exclusive Preview Cinemaxx' di Cinemaxx Pluit Village, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.


Kedua, ada time alone, Bun. Ini merujuk pada waktu antara orang tua dengan masing-masing anaknya.



"Misal, ibu sama si sulung aja. Nanti si ayah sama si bungsu, lalu ayah dan ibu bergantian. Jadi, sama satu anak one at a time fokus gitu," tutur Vera.

Ada pula yang ketiga adalah couple time. Di sini ayah dan bunda yang mengambil waktu bersama atau waktu berpasangan. Entah itu nonton atau jalan bareng intinya ayah dan bunda menghabiskan waktu bersama. Nah, yang keempat yaitu me time.

"Kemudian ada juga me time. Kalau me time pasti udah pada tahu kan, di mana kita menghabiskan waktu sendiri untuk kesenangan kita sendiri, semacam melepas penat dengan cara kita sendiri," tutur Vera.

Gimana, Bun? Waktu di keluarga apa aja yang sudah dan belum Bunda lakukan selama ini? Bagikan ceritanya yuk di kolom komentar.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi