mom-life

Respons Hilary Duff Saat Ditanya Putranya 'Kenapa Ibu Kerja?'

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 01 Sep 2018 06:58 WIB
Respons Hilary Duff Saat Ditanya Putranya 'Kenapa Ibu Kerja?'
Los Angeles - Buat Bunda yang bekerja pasti pernah memiliki perasaan bersalah ketika nggak punya waktu lebih banyak dengan si kecil atau harus berjauhan dengannya. Ya nggak, Bun? Terlebih ketika anak yang langsung bertanya tentang pekerjaan kita seperti dialami aktris dan penyanyi Hilary Duff nih.

Hilary Duff bercerita putranya Luca yang berumur 6 tahun serting bertanya mengapa bundanya harus bekerja jauh. Terus, kenapa pula ibunya itu harus bekerja sedangkan ibu temannya yang lain tidak bekerja. Mendapat pertanyaan seperti ini dari Luca, Hilary Duff merasa sedih dan cukup kesulitan.

"Rasanya saya ingin bilang ke dia segala barang yang dia punya, rumah yang kami tempati itu ada karena saya bekerja. Tapi saya sadar anak-anak nggak bisa diberi penjelasan seperti itu. Makanya, saya memilih memberi penjelasan yang lebih simpel untuk Luca," kata Hilary Duff dalam wawancara dengan Huffington Post.


Penjelasan apa yang diberi Hilary Duff ke putranya? Kata Hilary Duff, dia memberi tahu Luca dirinya sudah bekerja sejak remaja dan bekerja sudah menjadi bagian besar dari hidupnya. Hilary juga memberi pengertian pada Luca dirinya sudah mencoba sebisa mungkin menghabiskan waktu bersama bocah itu.



"Saya juga jelaskan ke Luca ketika sekolah dia akan menemukan passionnya dan akan bekerja kemudian akan punya keluarga. Saya berusaha memberi penjelasan sesimpel mungkin pada Luca," ujar Hilary Duff.

Sebagai ibu, Hilary Duff bilang dirinya nggak ingin membatasi aktivitas Luca. Bahkan, saat ini Luca sudah punya keinginan untuk membuat mobil terbang dan jadi aktivis gajah lho. Hi-hi-hi. Ada-ada aja ya Luca. Menjadi ibu bekerja memang kadang bisa memicu perasaan bersalah ya, Bun. Terkait hal ini psikolog anak dan remaja dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, menyarankan coba pikirkan ulang alasan kenapa Bunda memilih bekerja.

"Coba pikirkan, kenapa saya bekerja? Kenapa pekerjaan ini? Hal seperti ini harus ibu sendiri yang tahu jawabannya. Jadi, ketika anak tanya, 'Ibu kok kerja mulu', nggak ada lagi guilty feeling. Dan, hal inilah yang patut diselesaikan dulu dari si ibu," kata Vera.

Setelah memantapkan jawaban dari diri sendiri, Vera menyarankan agar kita lebih berkordinasi sama pasangan, termasuk pembagian tugas rumah dan menjaga anak. Selain itu, yang nggak kalah penting Bunda perlu memiliki skill time management-nya. Untuk menghindari emosi ketika sampai rumah lantas kondisi rumah berantakan, Vera punya tipsnya, Bun.

"Kasih waktu diri sendiri dulu. Time out, saya yang di kantor dengan saya yang di rumah itu berbeda, coba tarik napas, mungkin bisa berhenti sebentar untuk minum dulu tenangin diri dan pikiran. Tapi, bukan jadi nongkrong lho ya," papar Vera.

Bila Bunda seorang ibu bekerja, apa pertanyaan dari si kecil yang kadang bisa menimbulkan rasa bersalah?

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi