mom-life

Menyiapkan Kelahiran Si Kecil seperti Petra Sihombing

Safira Raudhatul Sabtu, 10 Nov 2018 12:35 WIB
Menyiapkan Kelahiran Si Kecil seperti Petra Sihombing
Jakarta - Tahu si kecil bakal lahir sebentar lagi pastinya bikin Ayah dan Bunda excited nih. Persiapan pun lantas dilakukan calon orang tua untuk menyambut kelahiran anak, seperti yang tengah dilakukan penyanyi Petra Sihombing nih, Bun.

"Pas udah dekat-dekat ininya (lahiran) aja sih dia. Udah siap-siap untuk nggak ke mana-mana. Tapi kalau sebelum itu, masih tetap seperti biasa," kata istri Petra Sihombing, Firrina dilansir detikcom.

Bunda dan Ayah ada yang juga sedang menyiapkan kelahiran si kecil seperti Petra Sihombing dan Firrina? Persiapan jelang melahirkan memang harus dilakukan matang-matang sejak ibu hamil. Bagi pada bunda, perlu banget nih mempelajari tentang proses kelahiran. Termasuk seperti apa, apa risikonya, bagaimana prosesnya, dan pemulihannya.




Dilansir Baby Center, ibu yang lebih aktif adalah ibu yang mempelajari kelahirannya sebelum persalinan. Dengan mempelajari proses kelahiran, itu akan membuat ibu lebih siap menghadapi persalinannya, demikian dikatakan Dr Glade Curtis, MD, dokter spesialis kandungan dan penulis 'Your Pregnancy Week by Week'.

Ilustrasi menyiapkan kelahiran anakIlustrasi menyiapkan kelahiran anak/ Foto: Thinkstock
Sebelum melahirkan Glade menyarankan sebisa mungkin calon ibu mengikuti kelas persalinan. Di kelas tersebut Bunda akan diajarkan teknik pernapasan dan trik meminimalkan rasa nyeri. Kemudian, Ayah dan Bunda juga bisa menyiapkan nama untuk si kecil.

Jangan malu untuk bertanya ya, Bun. Bunda bisa tanyakan ke orang tua tentang mengasuh anak, cara memandikan bayi, mengganti popok dan cara menghindari baby blues. Dikutip dari Life With My Littles, dalam persiapan kelahiran anak, orang tua juga perlu menyiapkan peralatan bayi seperti popok, tisu, pakaian, dan baby kit (minyak telon, tisu basah, bedak).

Memilih dokter anak untuk si kecil juga bisa Bunda dan Ayah rencanakan sebelum masa persalinan. Nggak kalah penting, sebelum si kecil lahir pastikan rumah dan kamar yang bakal ditempati si kecil bersih, nyaman, dan memiliki ventilasi yang cukup serta bisa mendapat sinar matahari. Kalau mau, Bunda bisa memanggil jasa fotografer untuk mengabadikan proses kelahiran si kecil.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi