sign up SIGN UP search


moms-life

Andien Ungkap Alasan Pentingnya Playdate bagi Anak

Amelia Sewaka Selasa, 13 Nov 2018 20:33 WIB
Bagi Andien, melakukan playdate bareng anak itu perlu karena banyak manfaatnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya, Bun. caption
Jakarta - Pada hakikatnya, bermain merupakan naluriah seorang anak. Bermain dapat dilakukan sendiri atau secara bersama-sama, atau kerap kali kita kenal dengan istilah playdate.

Playdate adalah konsep bermain bersama untuk mengasah interaksi anak dengan lingkungan dan teman sekitarnya. Dampak positifnya Bun, membantu anak bersosialisasi, beradaptasi dalam membangun keberanian dan mengenal karakter teman-temannya, sehingga anak siap masuk situasi apapun, terutama dalam menghadapi konflik.

Selain berdampak positif bagi anak, playdate juga bermanfaat bagi para ibu. Melalui playdate, Bunda bisa saling berbagi cerita pengalaman inspiratif seputar parenting.




"Sebenarnya, buat ibu terutama seperti kita yang hidup di perkotaan. Penting melakukan playdate, karena bersosialisasi itu juga diperlukan buat anak supaya mereka mengenal yang namanya empati dan tahu cara bersosialisasi," kata Andien, di tengah acara peluncuran buku 'Main Bareng Bikin Seneng Melalui #BukuMamaBisa' di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta Selatan, pada Selasa (13/11/2018).

Menurut Andien, memang ada kekurangannya kalau mau melakukan playdate di Ibukota seperti ini. Kadang ada saja hal yang membatasi, misal playground di Jakarta yang masih minim fasilitas.

"Ya ada fasilitas, tapi mungkin kurang memadai. Namun, hal-hal seperti ini harusnya tak membatasi kemampuan ibu untuk menciptakan playdate yang bermanfaat bagi anak-anaknya," imbuh penyanyi jazz bersuara merdu ini.
Andien Ungkap Alasan Pentingnya Playdate bagi AnakFoto: Instagram @andienaisyah

Justru, dengan adanya keterbatasan dan kekurangan, membuat Bunda semakin kreatif dalam menciptakan playdate untuk buah hati.

"Dengan adanya berbagai referensi, termasuk #BukuMamaBisa ini, no matter what, where, when. Kita tetap bisa buat playdate yang menyenangkan untuk anak, dan ini bisa jadi empowering ibu dalam berkreativitas," kata Andien.

Sehingga, lanjut ibu beranak satu ini, tak ada lagi tuh alasan karena tempat, fasilitas atau apapun yang membatasi anak. Bagi Andien, dengan kemajuan teknologi sekarang dan referensi bisa dicari di mana-mana, Bunda jadi lebih leluasa dalam melakukan playdate dan biarkan anak mengenal berbagai macam sensori.

"Iya, nggak ada alasan lagi tuh buat melarang anak main ini, main itu, atau mengenalkan anak ke berbagai macam stimulasi," ungkap pelantun hits 'Gemilang'.



Menurut Jennie Ito PhD, pakar perkembangan anak dan konsultan untuk LeapFrog, playdate memberi anak-anak peluang untuk mempraktikkan keterampilan sosial dan emosional. Anak-anak belajar untuk berbagi, mengantre, dan bekerja sama saat mereka berinteraksi satu sama lain.

"Playdate juga merupakan tempat yang bagus bagi anak-anak untuk berlatih sopan santun dan belajar cara berkomunikasi dengan satu sama lain," kata Jennie, seperti dilansir Leap Frog.

Jennie menyarankan, jika Bunda ingin melakukan playdate apalagi melihat usia anak yang masih kecil, lebih baik dilakukan dalam waktu yang relatif singkat mulai dari 90 menit hingga 2 jam. Ini semata agar anak tak terlalu letih, Bun. (aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi