mom-life

Cara Jitu Ayu Dewi Menjauhkan Anak dari Gadget

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 19 Dec 2018 07:07 WIB
Cara Jitu Ayu Dewi Menjauhkan Anak dari Gadget
Jakarta - Bunda, si kecil nggak bisa lepas dari gadget? Pasti sedih ya, Bun, kalau anak sudah kecanduan main smartphone. Namun, ada cara mudah lho membuat anak lepas dari gadget. Seperti dilakukan Ayu Dewi dalam mengasuh anak-anaknya.

Lewat Instagram, istri Regi Datau ini membagikan trik mengasuh anak tanpa gadget. Ayu Dewi membagikan video singkat saat kedua anaknya bermain dengan cara tak terduga. Aqilah Dewi Humairah dan Mohamad Aqlan Akasah Datau, naik di atas kursi yang sedang digotong ke luar rumah.

Ayu menyebutnya, sebagai cara jitu agar anaknya nggak bosen, tanpa melibatkan gadget. Sedangkan Aqilah dan Aqlan pun nampak happy dan saling berpelukan. Bisa dicoba di rumah nih, Bun, melibatkan anak saat memindahkan barang di rumah sambil mengajaknya bermain.


[Gambas:Instagram]


Anak akan merasa senang, tanpa menyadari jika mereka sedang diajari untuk bersih-bersih rumah. Ini sekaligus menjadi cara untuk mengajarkan anak disiplin dalam kebersihan.

Melangsir Huffington Post, anak harus diajarkan mengenal tanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan. Termasuk kekacauan terhadap barang-barang yang mereka mainkan. Ajak anak untuk terbiasa membereskan mainan mereka secara bertahap.


Jelaskan pada anak mengenai peraturan tentang membersihkan rumah. Beritahu anak tentang hal-hal yang harus mereka lakukan setelah bermain. "Katakan pada mereka jika kamu selesai bermain dengan sesuatu, penting untuk membuang atau membereskannya sampai selesai sebelum melanjutkan hal lain. Jika kamu lupa, Bunda akan mengingatkan kamu sekali. Jika kamu masih lupa, mainan itu akan dimasukkan ke dalam kardus selama sebulan," saran Susan Stiffelman, terapis keluarga dan seorang penulis buku parenting.

Bunda juga harus konsisten ya, dalam menerapkan rewards dan punishment ke anak. Jadi, saat anak melanggar janjinya, Bunda dan Ayah harus benar-benar memberikan hukuman sesuai dengan kesepakatan. Jika orang tua memberi kelonggaran, maka anak akan berpikir jika aturan tersebut tidak serius.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi