mom-life

Ketegaran dan Semangat Ani Yudhoyono Sembuh dari Kanker Darah

Muhayati Faridatun Kamis, 14 Feb 2019 16:24 WIB
Ketegaran dan Semangat Ani Yudhoyono Sembuh dari Kanker Darah
Jakarta - Kabar mengejutkan disampaikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dari Singapura, Rabu (13/2/2019). Presiden ke-6 RI ini memberi tahu publik bahwa sang istri, Ani Yudhoyono, mengidap kanker darah.

Kita semua pun terkejut. Ya, Bunda tentu bisa membayangkan bagaimana kagetnya keluarga SBY saat kali pertama mendengar diagnosis penyakit perempuan bernama lengkap Kristiani Herrawati tersebut.

Putra sulung Ani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengakui bahwa SBY dan keluarga sangat tidak menyangka dengan diagnosis ibunda tercinta. Seperti Bunda ketahui, Ani Yudhoyono sangat giat mengikuti berbagai acara serta mendampingi SBY.

"Ibu Ani adalah sangat aktif dan luar biasa mendampingi Pak SBY dalam berbagai tugas, dalam berbagai kegiatan, dari dulu sejak di tentara di militer, sampai dengan menjadi ibu negara, dan bahkan Bulan Januari 2019 ini masih mendampingi Pak SBY dia melakukan perjalanan dan kunjungan menyapa masyarakat di Sumut dan di Aceh," kata AHY, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/2/2019).


Sepulang dari Aceh, kata AHY, kondisi sang ibu mulai menurun. Setelah menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dan terindikasi masalah pada sel darah, Ani Yudhoyono kemudian dibawa ke Singapura.

Perempuan 66 tahun ini menjalani pemeriksaan lanjutan di National Universty Hospital dan keluarlah diagnosis kanker darah tersebut. AHY memastikan dirinya, sang ayah, dan adiknya, Edhi Baskoro Yudhoyono atau karib disapa Ibas, adalah yang pertama mengetahui kabar itu dari dokter.

Ani Yudhoyono dan SBY saat mengunjungi pasar Berastagi, Sumatera Utara/ Ani Yudhoyono dan SBY saat mengunjungi pasar Berastagi, Sumatera Utara/ Foto: Instagram @aniyudhoyono
"Saya, Pak SBY menyampaikan ke tim dokter agar sebisa mungkin apapun hasil pemeriksaan itu terlebih dulu didengar Pak SBY dan putra-putranya. Karena tidak ingin, tidak mempersiapkan mental Ibu Ani dalam mendengar diagnosa kanker darah tersebut," ungkap AHY.

Suami Annisa Pohan ini tak menyangkal kalau keluarganya begitu terpukul saat kali pertama mendengar diagnosis tersebut. Tapi, AHY enggan larut dalam kesedihan, terlebih melihat ketegaran sang ibu menghadapi penyakitnya.

"Tapi tentunya Ibu Ani seperti yang kita kenal adalah sosok yang kuat dan tabah. Tapi sekali lagi beliau sangat kuat, tetap miliki semangat untuk bisa sembuh seperti sedia kala," tuturnya.


Memang tidak mudah ya, Bun, menghadapi situasi seperti dialami AHY dan keluarga. Sebagai anak, politisi kelahiran 40 tahun silam ini harus terus memberi dukungan kepada ibunda tercinta demi mencapai kesembuhan.

Di sisi lain, AHY juga punya tanggung jawab sebagai seorang suami dan ayah. Keadaan ini membuat AHY dan keluarga juga membutuhkan dukungan dari kerabat dan berbagai pihak.

Dikutip dari My Domaine, saat orang tua sakit, merupakan situasi sulit bagi anak dan tentunya butuh orang lain untuk memberi dukungan. Kita pasti memerlukan bantuan saudara kandung untuk saling membantu merawat orang tua yang sakit.

Sementara itu, dilansir Mother of Life, ibu yang sakit rentan stres karena memikirkan keluarga, sehingga bisa memperburuk kondisinya. Mereka beranggapan kalau tidak bisa lagi mengurus keluarga dalam keadaan lemah.

Namun, apa yang terjadi pada Ani Yudhoyono patut kita teladani ya, Bunda. Meski mengidap kanker darah, perempuan yang memiliki empat cucu ini terlihat tegar dan masih bisa tersenyum. Doa dari kerabat dan banyak pihak pun terus mengalir untuknya. Lekas sehat, Ibu Ani...


[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi