Sign Up search


mom-life

3 Tips Posisi Bercinta Saat Bunda Sakit Punggung

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 04 Mar 2019 20:05 WIB
3 Tips Posisi Bercinta Saat Bunda Sakit Punggung
Jakarta - Sakit di bagian punggung seringkali mengganggu kenikmatan bercinta ya, Bun? Enggak lucu kan saat asyik-asyik 'ehem' terus harus berakhir begitu saja, gara-gara punggung sakit.

Kondisi tersebut tetap bisa disiasati dengan posisi bercinta yang meminimalisir rasa sakit. Michael R. Marks, MD, MBA, seorang juru bicara dari American Academy of Orthopaedic Surgeons, memberikan saran bagi penderita sakit punggung, termasuk yang sudah kronis.

Menurutnya, orang yang memiliki sakit punggung sebaiknya membicarakan masalah seksual secara terbuka kepada pasangannya. Bahkan pada dokter yang dapat membantunya.



Marks berpesan nih, Bun, meskipun kelihatannya hal tersebut sedikit tabu, tetapi pembahasan masalah seperti itu penting dilakukan. Pasien sebaiknya menceritakan sakitnya pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Marks yang telah puluhan tahun berpraktik sebagai ahli bedah ortopedi ini mengatakan, kalau beberapa pasien mengeluhkan sakit punggung mengganggu keintiman seksual. Tetapi, sebagian pasien lainnya enggak membahas masalah tersebut, kata Marks.

"Saya pikir ada banyak hal yang memalukan. Tetapi banyak yang merasa lega karena akhirnya bisa membicarakannya,"kata Marks, dikutip dari laman Web MD.

Menyiasati Posisi Bercinta Saat Bunda Sakit PunggungPosisi bercinta saat sakit punggung/ Foto: iStock
Walau kenyataannya sakit punggung ini memang cukup mengganggu ya, Bun, tetapi jangan sampai membuat kehidupan seks jadi pasif. Marks menganjurkan untuk mencari solusi bersama pasangan.

"Adanya nyeri punggung dan permasalahan seks di antara pasangan merupakan sesuatu yang penting untuk dibahas," tambah Marks.

Marks mengatakan, selama bertahun-tahun, rata-rata pasien enggan memberi tahu pasangannya kalau mereka tidak bisa berhubungan seks karena terlalu menyakitkan. Bahkan, mereka ingin mengubah posisi seksual yang sudah lama ada untuk meringankan rasa sakitnya. Padahal, nyeri punggung kronis juga dapat menyebabkan kemurungan dan depresi.

"Ketika seseorang mengalami depresi, tentu akan sulit untuk melakukan hubungan seksual," imbuh Marks.

Melansir Very Well Health, adanya permasalahan kesehatan di punggung memang bukanlah pengalaman yang menyenangkan saat bercinta. Tetapi, beberapa posisi bercinta dapat membantu agar 'ehem' tetap memuaskan.

Salah satu posisi yang bisa dilakukan yakni posisi misionaris, Bun. Ketika Bunda memiliki sakit punggung dan berada di bawah, Bunda dapat menopang punggung dengan meletakkan handuk gulung di bawahnya. Cara ini akan membuat sedikit lengkungan di punggung bawah Bunda, sehingga membantu meringankan nyeri punggung.

Posisi lain yang tak kalah menarik untuk dicoba yakni duduk dan berlutut. Bersama dengan pasangan, Bunda dapat duduk di pangkuan pasangan dan dapat memegang kontrol 'permainan'. Pada awalnya, mungkin dibutuhkan waktu untuk mengeksplorasi, dalam menemukan posisi tulang yang tepat agar mengurangi rasa sakit saat berlutut.

Alternatif lainnya, Bunda bisa berlutut dan memfokuskan beban pada siku. Dalam posisi ini, ada ruang bagi Bunda untuk menyesuaikan punggung dalam posisi yang nyaman. Sementara itu, pasangan Bunda bisa melakukan penetrasi dari belakang.

Stomach lying juga menjadi posisi bercinta yang bisa dilakukan, Bun. Dengan posisi ini, Bunda dapat mengontrol posisi punggung dalam kondisi yang nyaman. Untuk membuat lengkungan punggung lebih banyak, Bunda dapat menggunakan bantal di bawah dada. Sementara untuk mengurangi lengkungan yang diinginkan, Bunda dapat meletakkan bantal di bawah perut. Sesuaikan dengan kondisi yang tepat, sehingga Bunda merasa nyaman saat pasangan melakukan penetrasi dari belakang.


Nah, Bunda tak ada alasan lagi bukan untuk melewatkan waktu bercinta saat nyeri punggung menyerang? Temukan posisi bercinta yang tepat ya, agar keintiman dengan pasangan selalu terjaga.

[Gambas:Video 20detik]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi