sign up SIGN UP search


moms-life

Pemakaian Bra Bisa Bikin Payudara Kendur? Ini Pendapat Ahli Bun

Mutiara Putri Selasa, 12 Oct 2021 20:20 WIB
Concept of shopping, customer during sale, female fashion, different sizes of sexy underwear Ilustrasi Fakta Bra Bikin Kendur/Foto: Getty Images/iStockphoto/Oleg Elkov
Jakarta -

Penggunaan bra pada beberapa wanita masih dipertanyakan, Bunda. Banyak yang percaya bahwa bra bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan.

Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang pemakaian bra, Bunda. Salah satunya yang masih dipercaya adalah bra bisa mempengaruhi bentuk dan postur tubuh seseorang.

Namun hal ini disanggah oleh dr Widyastuti Srie Utami, SpOT (K) Spine. Ia mengatakan bahwa penggunaan bra tidak mempengaruhi kedua hal tersebut.


"Berdasarkan bukti-bukti ilmiah sampai saat ini, tidak ada evidence yang kuat yang menunjukkan penggunaan bra, terutama yang tidak sesuai ukuran payudara, akan menyebabkan keluhan nyeri punggung atau tulang belakang bengkok," ungkap dr Widya saat dihubungi detikcom, pada Kamis (7/10/2021) malam.

Meski tak menyebabkan perubahan pada bentuk dan postur tubuh, dr Widya mengatakan bahwa pemakaian bra yang tidak sesuai bisa membuat pemakainya merasa tak nyaman, Bunda. Tak hanya itu, bisa saya kulit akan berubah menjadi merah dan berlekuk.

Baim Wong Adzankan Anak Kedua

Dokter Widya juga mengungkap bahwa tidak ada waktu khusus untuk tidak memakai bra demi kesehatan tulang, Bunda. Namun, secara subjektif, sebagian wanita merasa jauh lebih nyaman melepas bra di kala tidur.

"Disarankan agar menggunakan bra tanpa kawat saat tidur untuk kenyamanan, terutama agar mencegah kawat pada bra menusuk payudara saat berpindah posisi tidur. Tali bra yang dipilih disarankan tidak terlalu ketat agar tidak mengiritasi kulit," katanya.

Tak hanya itu, ada pula mitos seputar bra yang masih banyak dipercaya oleh masyarakat luas, Bunda. Banyak yang mengatakan bahwa pemakaian bra secara rutin bisa menyebabkan payudara seseorang jadi mengendur.

Untungnya hal ini hanyalah sebuah mitos belaka. Menurut Dokter Spesialis Bedah Onkolgi Primaya Hospital Tangerang, dr. Abdul Rachman, Sp.B(K)Onk, bra tidak menyebabkan payudara kendur, Bunda. Salah satu hal yang bisa menyebabkan payudara mengendur adalah menyusui.

"Misalkan seorang wanita memakai bra akan menyebabkan payudara kendur itu mitos. Kenapa? Kendurnya payudara itu berhubungan dengan besarnya payudara dan usia, jadi semakin usianya semakin bertambah kemungkinan dia akan kendur," tegas dr. Abdul Rachman di acara e-Life detikcom.

Tak hanya itu, Bunda. Dokter Abdul juga mengatakan kalau payudara yang mengendur adalah hal yang normal. Mengapa demikian?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, simak juga video tips cegah kanker payudara yang perlu Bunda tahu berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!