mom-life

Bahaya Mengenakan Underwear Lebih dari Setahun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 20 Apr 2019 15:01 WIB
Bahaya Mengenakan Underwear Lebih dari Setahun
Jakarta - Pakaian dalam atau underwear yang masih layak pakai tentu sayang ya, Bun, kalau harus dipensiunkan. Banyak yang bilang, semakin melar, pakaian dalam malah tambah nyaman digunakan.

Meskipun nyaman banget dipakai, Bunda sebaiknya menyingkirkan pakaian dalam setelah satu tahun digunakan. Melansir News.au, alasan underwear perlu dipensiunkan setiap tahunnya karena faktor kesehatan, yakni mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan infeksi lainnya.


The Good Housekeeping Institute (GHI) mengatakan, meskipun sudah dicuci secara sistematis setelah digunakan, sebagian besar underwear yang bersih tersebut masih mengandung hingga 10 ribu bakteri hidup lho, Bun.


Bahaya Mengenakan Underwear Lebih dari SetahunPakaian dalam/ Foto: iStock

Artinya, usaha mencuci underwear tidaklah benar-benar membersihkannya sehingga perlu Bunda pikirkan kembali berapa lama Bunda akan menyimpannya.

Philip Tierno, profesor mikrobiologi dan patologi di New York University menjelaskan bahwa area underwear yang berada di atas kulit mengandung E.coli.

"Tidak peduli seberapa banyak Bunda mencoba mencucinya, hal itu tidak benar-benar menghilangkan semuanya,"ujar Tierno, seperti dikutip dari Huffpost.

Tierno pun menyarankan untuk mencuci underwear secara teratur dan sebaiknya dilakukan setiap selesai dipakai. Tierno mencatat bahwa rata-rata orang dapat mengenakan celana dalam yang sama, dua hari berturut-turut tanpa masalah. Tetapi, Tierno tidak menyarankan hal tersebut. Agar aman, ia menyarankan untuk mengenakan celana dalam bersih setiap harinya.

"Cara terbaik mencuci underwear adalah dengan menggunakan air panas, yang ditambahkan pemutih sebagai produk paling efektif membunuh mikroorganisme yang hidup dalam underwear," katanya.

Namun, ingat juga ya, Bun, ada beberapa kain yang tidak tahan panas. Sehingga, Bunda dapat menggunakan air dingin atau hangat dengan deterjen yang mengandung peroksida. Selain itu, gantungkan underwear untuk dijemur karena sinar UV dapat membantu membunuh kuman dan bakteri.


Nah, Bun, semoga membantu ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan underwear setiap hari.

Simak juga tips mencuci pakaian dalam agar bebas dari jamur di video berikut, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi