Sign Up search

mom-life

Tips Bangkitkan Gairah Seksual Setelah Alami Serangan Jantung

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 24 Apr 2019 19:00 WIB
Tips Bangkitkan Gairah Seksual Setelah Alami Serangan Jantung
Jakarta - Mengalami serangan jantung tentu tidak diinginkan oleh setiap orang. Rasa sakit yang ditimbulkan biasanya akan mempengaruhi kondisi tubuh lainnya. Boro-boro mau beraktivitas berat, bergerak sedikit pun rasanya sakit, Bun.

Kalau sudah seperti ini, biasanya urusan keintiman bersama pasangan jadi terabaikan ya. Dikutip dari Everyday Health, orang yang mengalami serangan jantung biasanya akan diikuti dengan permasalahan seksual. Termasuk disfungsi ereksi yang lebih tinggi para pria dan tingkat disfungsi seksual, atau kurangnya minat bercinta pada wanita.


Namun, hal itu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, agar hubungan suami tidak terganggu. Bunda dan Ayah bisa kembali membangun keintiman dengan berbagai cara. Beberapa pasien memilih untuk melakukan perawatan medis, agar kehidupan seks mereka kembali normal. Diantaranya dengan treatment implantable cardiac defibrillator (ICD) untuk mengatur denyut jantung.


Konseling seksual juga menjadi cara jitu untuk membangkitkan kembali hasrat seksual setelah serangan jantung atau stroke menyerang. Konseling ini sangatlah bermanfaat dan dapat menjadi fasilitator dalam menormalkan kembali kondisi seksual sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasangan.

Sebab, banyak pasien merasa ragu untuk mencoba kembali ke aktivitas seksual normal setelah serangan jantung atau stroke. Ini dikarenakan mereka merasa takut ada sesuatu yang salah dengan jantungnya.

Tetapi, Bun, hal tersebut tampaknya tidak perlu dipermasalahkan, seperti dikatakan ahli jantung, Jared Bunch, MD. "Dengan sebagian besar gangguan jantung, hubungan seksual sesungguhnya dapat dilanjutkan,"katanya.

Tips Bangkitkan Gairah Seksual Setelah Alami Serangan JantungTips ehem/ Foto: Istock

Bunch mengatakan bahwa untuk melihat apakah seorang pasien cukup sehat kembali ke dalam kehidupan seks secara normal yakni dengan mengukur aktivitas mereka dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

"Kami mencatat bahwa jika pasien dapat melakukan aktivitas yang membutuhkan 3 hingga 5 MET tanpa memperburuk gejala jantungnya, maka masuk akal untuk melanjutkan hubungan seks,"tambahnya.

Aktivitas yang mengonsumsi 3-5 MET yang bisa dilakukan diantaranya berjalan 3 hingga 4 mil per jam, bersepeda dengan stasioner yang ringan, menaiki tangga, menyapu halaman, menyedot debu, dan lainnya.

Melansir WebMd, beberapa tips juga dapat dilakukan sebagai upaya menyalakan kembali kehidupan bercinta usai serangan jantung atau stroke, Bun. Salah satunya dengan menghindari makanan berat atau alkohol sebelum bercinta. Sebab, hal tersebut dapat memengaruhi aliran darah.

Jika pasangan merasa memerlukan obat untuk mengurangi disfungsi ereksi, segera tanyakan pada dokter guna mendapatkan referensi obat yang sesuai dengan kebutuhan.


Tak kalah penting, tetaplah merasa rileks untuk meminimalisir serangan jantung. Sebab, studi menunjukkan bahwa penurunan fungsi seksual sering dikaitkan dengan kecemasan dan depresi. Jadi, enggak ada salahnya tetap merasa rileks di berbagai kesempatan untuk meminimalisir stres yang memicu serangan jantung.

Selamat mencoba!

Bunda, saksikan yuk obrolan Zee Zee Shahab mengenai romansa pernikahannya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi