parenting

Warna Paling Disukai Nyamuk DBD, Apakah Favorit Bunda?

Maya Sofia Selasa, 12 Mar 2019 17:32 WIB
Warna Paling Disukai Nyamuk DBD, Apakah Favorit Bunda?
Jakarta - Selain bau tubuh, ternyata ada hal lain yang membuat nyamuk demam berdarah dengue (DBD) tertarik lho, Bun. Baru-baru ini, dua siswa SMAIT Iqra' Kota Bengkulu meneliti warna kesukaan nyamuk DBD atau yang disebut aedes aegypti. Kedua siswa tersebut adalah Meutia Tri Lestari dan Mytha Shabira.

Mereka menyiapkan enam ovitrap dengan diselimuti kain piyama berbagai warna, yaitu hitam, biru, kuning, merah muda, putih, dan hijau. Keenam ovitrap diletakkan di ruang tertutup selama delapan jam.


"Lalu kami amati berapa nyamuk yang masuk ke ovitrap tersebut. Nyamuknya tuh hinggap ke ovitrap tersebut. Yang warna hitam itu paling banyak, ada 13 nyamuk," ungkap Meutia seperti dikutip dari detikcom.


Wah ternyata warna hitam lebih membuat nyamuk tertarik ya, Bun. Tapi Bunda jangan buru-buru membuang koleksi pakaian berwarna hitam.

Kita juga bisa kok menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk. Seperti dilansir Healthline, campuran 32 persen minyak eukaliptus dan lemon mampu memberikan perlindungan sebesar 95 persen dari nyamuk selama tiga jam. Bisa dicoba nih, Bun.

Bunda juga bisa menggunakan aroma dan minyak bunga lavender untuk mengusir nyamuk. Lavender sendiri diketahui memiliki kualitas analgesik, antijamur, dan antiseptik.


Atau, Bunda bisa mencoba minyak kayu manis. Menurut penelitian di Taiwan, minyak kayu manis dapat mematikan telur nyamuk. Pun, bisa mengusir nyamuk dewasa.

[Gambas:Video 20detik]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi