moms-life

2 Tradisi Keluarga Maudy Koesnaedi di Bulan Ramadhan

Annisa Karnesyia Senin, 13 May 2019 09:00 WIB
2 Tradisi Keluarga Maudy Koesnaedi di Bulan Ramadhan
Jakarta - Artis Maudy Koesnaedi punya tradisi khusus yang selalu dilakukan keluarganya saat Ramadhan. Meski sibuk, wanita 44 tahun tersebut selalu berusaha menyempatkan diri meneruskan tradisi ini.

"Sekarang mau terusin tradisi-tradisi Mama. Biasanya Mama kalau mau Ramadhan kumpul di rumah keluarga. Sekarang Mama sudah enggak ada, kumpul di rumah kakakku," kata Maudy kepada Haibunda, baru-baru ini.

Salah satu tradisi yang kini dijalani Maudy dan keluarga adalah tadarusan bersama. Maudy berharap, tradisi ini bisa terus berjalan, Bun.


"Kakakku yang nerusin tradisi tadarusan pengajian Mama. Terus kemarin, dia ajak adik-adiknya ikut juga. Biar tradisinya bisa turun-menurun," ujar Maudy.


Tradisi lain di bulan Ramadhan yang tak pernah absen dilakukan Maudy adalah berbuka puasa bersama di rumahnya. Mulai dari teman sekolah, teman dekat, dan keluarga selalu berbuka bersama di rumahnya.

Namun, untuk tradisi yang satu ini tidak bisa dilakukannya tahun ini. Waktu Maudy habis dengan kesibukan promo film terbarunya, Si Doel The Movie 2.

"Bedanya, kalau Ramadhan selalu buka bersama di rumah aku, mulai dari teman sekolah, teman dekat, dan keluarga. Tapi sekarang cuma bisa minggu ini saja. Karena sudah masuk promo film," ujar Maudy.

Maudy Koesnaedi dan keluarganyaMaudy Koesnaedi dan keluarganya/ Foto: Instagram

Waktunya yang habis karena sibuk mempromosikan film barunya juga berdampak pada tradisi mudik. Bila sebelumnya, pemeran Zaenab di Si Doel ini selalu mudik ke kampung halaman suami di Belanda, sekarang dia sekeluarga harus berlebaran di Jakarta, Bun.

"Biasanya pulang kampung ke tempat suami di Belanda. Kebetulan ipar-ipar aku muslim semua di sana. Tapi karena promo film, tahun ini enggak mudik," papar Maudy.

Meski begitu, Maudy merasa senang akhirnya bisa berlebaran di Jakarta. Soalnya, dia mengaku sudah kangen dengan suasana Lebaran bersama keluarga di Jakarta.

"Senang sih akhirnya bisa Lebaran di Jakarta juga, maksudnya saya juga kangen ya lebaran dengan keluarga disini. Biasanya kita bagi Lebaran di Belanda dan Lebaran haji di sini, menyesuaikan waktu libur anak," kata Maudy.


Menghabiskan waktu bersama keluarga di bulan Ramadhan dan Lebaran memang menjadi momen yang enggak boleh dilewatkan, Bun. Dilansir Productive Muslim, menghabiskan waktu bersama keluarga dianjurkan karena merupakan bagian ibadah selama bulan Ramadhan.

Tapi, menghabiskan waktu bersama keluarga sepanjang Ramadhan bisa menjadi tantangan, apalagi bila ada kendala seperti kesibukan. Tanpa harus selalu menghabiskan waktu bersama, paling tidak menyediakan waktu untuk makan sahur dan berbuka bersama sudah cukup, Bun.

"Ketika berkaitan dengan waktu bersama keluarga, momen pentingnya adalah berbagi dan menciptakan ikatan yang lebih dekat terutama dengan anak," ujar Dr.Amanda Gummer, psikolog spesialis perkembangan anak, mengutip Telegraph.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi