parenting

Panduan Olahraga untuk Anak di Bulan Ramadan

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 03 May 2019 15:31 WIB
Panduan Olahraga untuk Anak di Bulan Ramadan
Jakarta - Berolahraga dalam kondisi berpuasa bisa saja terasa lebih berat, terlebih bagi anak-anak. Tapi, itu bukan alasan bagi Bunda dan keluarga termasuk si kecil enggak berolahraga ya.

Disampaikan penulis buku Food Fuel, Dr Ranj Singh, menjaga tubuh tetap bugar selama bulan puasa penting dilakukan. Tapi, aktivitasnya jangan berlebihan karena justru bikin tubuh tak nyaman.

"Jenis olahraga yang bisa dilakukan di bulan puasa termasuk bagi anak adalah jalan kaki, jogging, atau aerobik. Untuk waktunya, tergantung masing-masing individu, sesuaikan dengan kebiasaan dan perhatikan durasi," kata Singh dilansir BBC.




Sementara itu, ahli gizi Anar Allidina mengatakan waktu terburuk untuk olahraga di bulan puasa ketik tengah hari. Sebab, tubuh akan terasa amat lelah sedangkan waktu mengisi ulang energi alias berbuka puasa masih lama.

Panduan Olahraga untuk Anak di Bulan RamadanIlustrasi anak olahraga saat puasa/ Foto: iStock
Namun, jika terpaksa melakukannya karena enggak ada waktu, lakukan dengan durasi 20 - 30 menit dan pilih olahraga dengan intensitas rendah. Dia menyarankan, berolahraga di jelang waktu berbuka.



"Di awal Ramadan, jika anak ingin olahraga sebentar tak apa. Lama-lama jika tubuh sudah terbiasa, durasinya bisa dinaikkan," ujar Allidina dikutip dari Global News.

Instruktur olahraga Zehra Allibhai mengingatkan, Bunda jangan memaksa anak untuk berolahraga dalam waktu lama. Biarkan anak merasakan sendiri bagaimana tubuhnya ketika dia berolahraga. Sebab, terlelu memforsir diri ketika olahraga juga tak baik kan, Bun?


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi