moms-life

Bolehkah Menggunting Kuku & Bulu Kemaluan Saat Berpuasa?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 17 May 2019 05:00 WIB
Bolehkah Menggunting Kuku & Bulu Kemaluan Saat Berpuasa?
Jakarta - Banyak yang bilang, kalau lagiĀ puasa enggak boleh menggunting rambut dan kuku. Tapi kan risih kalau sebulan penuh membiarkan kuku tumbuh panjang. Begitu pula dengan rambut, terutama yang tumbuh di area pribadi kita.

Persoalan memotong kuku ataupun rambut memang kerap dipertanyakan ya, Bun. Tidak saja Bunda tetapi juga banyak ibu-ibu lain di luar sana.


Melansir Islamqa, Sheikh Muhammed Salih Al-Munajid mengatakan, tindakan sepertiĀ memotong kuku atau mencukur bulu kemaluan saat puasa bukanlah hal yang wajib bagi orang-orang yang berpuasa. Tetapi, aktivitas tersebut juga bukanlah hal-hal yang bertentangan dengan puasa kok, Bun.


Orang berpuasa sebaiknya mampu menahan diri dari makan, minum, dan melakukan hubungan intim yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, sangat penting menjauhkan diri dari dosa melakukan fitnah, dan menyebarkannya pada orang lain.

Bolehkah Menggunting Kuku & Bulu Kemaluan Saat Berpuasa?Hukum potong kuku saat puasa/ Foto: iStock

Sedangkan untuk hukum memotong kuku dan mencukur rambut kemaluan, berkaitan dengan fitrah (keadaan alami manusia) yang sebaiknya tidak dibiarkan lebih dari 40 hari. Membersihkan kuku dan bulu di sekitar kemaluan tidak ada hubungannya dengan kesehatan puasa seseorang.

Di luar hukum Islam, memotong kuku dan menggunting bulu kemaluan memang harus dilakukan ya, Bun, agar tubuh tetap terjaga kebersihannya. Namun ingat janga memangkas bulu kemaluan sampai habis ya. Secara medis, rambut kemaluan tetap perlu dipertahankan sebagai proteksi alami yang menghalangi area intim dari virus dan bakteri.

"Rambut kemaluan menjadi penghalang alami untuk menjaga kebersihan, mengurangi kontak dengan virus dan bakteri, serta melindungi kulit yang lembut di area tersebut," kata Dr Vanessa Mackay dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, dikutip dari The Independent.


Sementara untuk persoalanĀ memotong kuku memang sebaiknya dilakukan secara rutin, Bun. Sebab, memotong kuku dapat membantu mencegah Bunda dari penyakit. Dengan kebersihan kuku yang baik tentunya dapat membatasi penyebaran penyakit. Jadi, terlepas dari apa pun, rawatlah senantiasa jari kuku tangan dan kaki ya, Bun.

Semoga membantu ya!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi