moms-life

Tips Bersihkan Darah Menstruasi Saat Mudik

Zika Zakiya Kamis, 30 May 2019 09:03 WIB
Tips Bersihkan Darah Menstruasi Saat Mudik
Jakarta - Jangan sampai jadwal datang bulan Bunda menghalangi kekhusyukan mudik tahun ini. Namun, jangan juga sampai Bunda tidak acuh pada kebersihan diri saat di perjalanan.

Dikatakan Dr.dr.Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), bakteri menstruasi di pembalut akan menduplikasi setiap dua hingga tiga jam sekali. Maka dari itu, disarankan agar Bunda mengganti pembalut setiap maksimal empat jam sekali.

"Di perjalanan mudik memang sulit mencari air untuk membersihkan diri. Tapi, usahakan saat mengganti pembalut menggunakan air yang mengalir," kata Dwiana saat ditemui beberapa waktu lalu di bilangan Gatot Subroto, Jakarta.


"Tapi, jika memang air sulit ditemukan, gunakan tisu antiseptik juga bisa. Basuh dari bagian depan vagina, terus ke belakang hingga dekat dubur. Begitu seterusnya sampai darah tidak ada lagi di tisu tersebut," tambahnya.

Ditegaskan Dwiana, jangan mulai membasuh dari bagian belakang vagina karena di situlah paling banyak terdapat bakteri. Durasi waktu penggantian pembalut pun bisa kurang dari empat jam jika memang volume darah yang keluar cukup banyak.

"Jangan juga lupa mencuci tangan setelah berganti pembalut ya," tegas Dwiana.

Dalam buku Sehat dan Bersih Saat Menstruasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pH vagina akan meningkat saat menstruasi. Pada kondisi normal, pH area kewanitaan adalah 3,5 - 4,5. Tapi pada saat menstruasi meningkat jadi 7,4.

Ketika pH meningkat, jumlah bakteri baik di vagina akan menurun. Sehingga, risiko infeksi makin besar. Selain itu, kondisi lembap juga membuat lebih banyak kuman, jamur, dan bakteri berkembang. Inilah yang menyebabkan seorang wanita bisa mengalami iritasi dan gatal-gatal.

Ilustrasi pembalutIlustrasi pembalut/Foto: iStock


Untuk mengurangi risiko iritasi Bunda bisa juga mengenakan celana dalam berbahan katun yang nyaman dan menyerap keringat. Serta yang tak kalah penting adalah membuang pembalut bekas pakai ke tempat sampah dan bukan ke dalam toilet.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi