parenting

6 Mitos Menstruasi dan Penjelasan Ilmiahnya

Zika Zakiya Sabtu, 18 May 2019 09:01 WIB
6 Mitos Menstruasi dan Penjelasan Ilmiahnya
Jakarta - Zaman sudah modern seperti ini tapi masih ada saja mitos-mitos menstruasi yang kita dengar. Malah ada segelintir mitos yang sedemikian kuatnya tertanam, sampai Bunda ketakutan sendiri.

Kita kupas enam mitos menstruasi yang paling sering beredar yuk Bunda. Lalu bandingkan dengan fakta ilmiah yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui buku Sehat & Bersih Saat Menstruasi.

Mitos 1: Dilarang Makan Daging
Perempuan menstruasi dilarang makan daging karena akan membuat darah menstruasi jadi amis.

Fakta:
Makan daging dan ikan baik bagi tubuh karena mengandung protein dan zat besi yang dibutuhkan untuk mengganti sel darah merah.

Mitos 2: Sakit
Menstruasi artinya tubuh perempuan yang mengalami akan sakit.

Fakta:
Menstruasi juga menandakan bahwa sistem reproduksi Bunda normal dan dalam kondisi sehat. Menurut Dr.dr Poedjo Hartono, SpOG (K), haid atau menstruasi merupakan proses alami bagi wanita.

"Di mana terjadi pelepasan fungsional dinding rahim akibat perubahan hormon yang normal terjadi setiap 28 hari sekali selama tujuh hari. Hal yang perlu diperhatikan adalah memiliki rutinitas baik dalam membantu menjaga kebersihan menstruasi, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut," ujar Poedjo.

Mitos lainnya seperti tidak boleh berenang dan dilarang makan daging akan kita kupas di halaman berikutnya ya, Bunda. Jangan lupa diklik yuk. (ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi