mom-life

Alasan Bunda Disarankan Pakai ART Infal dari Yayasan Resmi

Annisa Karnesyia Senin, 27 May 2019 12:30 WIB
Alasan Bunda Disarankan Pakai ART Infal dari Yayasan Resmi
Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, para ibu pasti mulai disibukkan dengan berbagai persiapan. Jasa asisten rumah tangga (ART) biasanya paling dibutuhkan untuk membantu.

Jika ART reguler harus pulang kampung, ART infal bisa jadi pilihan. Ketersediaan ART infal terbukti meningkat setiap tahunnya menjelang Lebaran.

"Tahun ini secara umum, permintaan infal banyak, pekerja yang kami sediakan juga banyak," kata Ami Sutarmi, pemimpin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Cipta, kepada HaiBunda baru-baru ini.



Kebanyakan yayasan penyalur pekerja mempekerjakan ART infal dari luar Jakarta. Di LPK Tiara Cipta, tahun ini pekerjanya lebih banyak berasal dari Jawa Tengan dan Jawa Barat.

"Tahun ini kita lebih banyak dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, sebelumnya kita lebih banyak dari Jawa timur. Mereka yang bekerja dengan kita juga sudah melalui tahap seleksi sehingga sesuai spesifikasi yang dibutuhkan," kata Ami.

Berbeda lagi dengan Yayasan Penyalur ART, Yayasan Bu Gito. Yayasan yang telah beroperasi sekitar 25 tahun ini kebanyakan mencari pekerja infal dari daerah Bandung, Pandenglang, dan Sumedang.

"Karena semuanya menginap, kita ambil dari daerah," ujar Bu Gito.

Ilustrasi rumah berantakan/Ilustrasi rumah berantakan/ Foto: istock

Selain dari yayasan resmi, ART infal juga bisa didapatkan dari mulut ke mulut, Bun. Misalnya, kenalan teman atau rekomendasi dari ART lainnya.

Menyikapi ini, Bu Gito menyarankan agar lebih selektif memilih ART Infal. Mengingat kejahatan kapan saja bisa terjadi jika sembarangan mempekerjakan orang.

"Harusnya sih lebih jelas, misalnya saudaranya ada enggak di sini, jadi bisa didatangi kalau ada masalah," kata Bu Gito.


Kecenderungan pekerja datang ke ibu kota tanpa membawa identitas juga masih sering terjadi. Lebih parah lagi, jika identitasnya dipalsukan.

"Kadang-kadang ada KTP palsu, jadi harus lebih jeli lagi. Bisa lihat dari fotonya di KTP, sesuai atau tidak," ujar Bu Gito.

Menurutnya, lebih baik memang mempekerjakan ART infal dari yayasan resmi. Selain lebih aman dan terpercaya, ART infal dari yayasan memang sudah memiliki pengalaman bekerja, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi