moms-life

Lebaran, Lebih Baik Pilih ART atau Baby Sitter Infal?

Annisa Karnesyia Sabtu, 25 May 2019 15:30 WIB
Lebaran, Lebih Baik Pilih ART atau Baby Sitter Infal?
Jakarta - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, jasa tenaga infal atau pembantu sementara paling banyak dicari. Secara umum, infal dapat dibagi dua, asisten rumah tangga (ART) infal dan baby sitter infal.

ART infal tugasnya hanya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Sedangkan, baby sitter mengasuh anak.


Menurut pemimpin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Cipta, tarif baby sitter infal memang lebih mahal dari ART infal. Namun, tahun ini jasa baby sitter infal lebih banyak dicari, Bun.


"Tahun ini paling banyak dicari adalah baby sitter, karena mereka itu tidak sungkan mengerjakan pekerjaan rumah tangga," kata Ami saat dihubungi HaiBunda baru-baru ini.

Sedangkan, ART infal, menurut Ami, kebanyakan memilih menjadi ART karena enggan mengurus anak. Itulah mengapa banyak pengguna jasa yang lebih menyukai baby sitter infal ketika Lebaran.

Ilustrasi ART/Ilustrasi ART/ Foto: istock

Permintaan jasa baby sitter infal di LPK Tiara Citra sendiri meningkat hampir 50 persen di tahun ini. Tentunya memilih baby sitter infal butuh banyak pertimbangan, selain karena bisa mengurus anak, mereka juga bisa mengerjakan urusan rumah tangga.

"Mereka (baby sitter) fleksibel, misalnya anak enggak kepegang sama dia karena diajak ibunya, dia mau enggak mau harus pegang pekerjaan rumah. Apalagi pekerjaan rumah sekarang sudah banyak dibantu, kalau di Jakarta, sudah ada laundry, dan layanan online," ujar Ami.

Selain itu, baby sitter memiliki keahlian khusus yang diperoleh dari pelatihan, Bun. Banyak yayasan penyalur ART dan baby sitter melatih pekerjanya sebelum terjun langsung mengasuh anak.


Meski begitu, waktu perekrutan yang singkat menyebabkan pelatihan baby sitter infal berbeda dengan baby sitter reguler. "Pelatihan baby sitter ada, cuma tidak intensif seperti baby sitter reguler. Tes kesehatan ada, kelengkapan data juga valid dan bisa dipertanggungjawabkan," papar Ami.

Untuk baby sitter infal, sebaiknya Bunda sudah mencari lebih awal atau mengambil jangka waktu bekerja yang sedikit lebih lama ya. Alasannya, agar baby sitter memiliki waktu untuk dekat dengan anak.

"Lebih baik ambil infal untuk 1,5 bulan untuk pendekatan ke anak. Tapi orang tua juga jangan terlalu banyak berharap anak bisa langsung mau dekat dengan baby sitternya," tutup Ami.

[Gambas:Video 20detik]




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi