moms-life

Pakai ART Infal Saat Lebaran, Lebih Baik Harian atau Bulanan?

Annisa Karnesyia Rabu, 29 May 2019 19:00 WIB
Pakai ART Infal Saat Lebaran, Lebih Baik Harian atau Bulanan?
Jakarta - Menggunakan jasa ART infal menjelang Lebaran memang butuh pertimbangan. Bila ART reguler mudik, jasa ART infal bisa jadi solusi membantu Bunda urusan rumah tangga.

Waktu kerja ART infal bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, kebanyakan yayasan penyalur ART hanya menyediakan dua paket waktu, harian dan bulanan.


Menurut Pemimpin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Cipta, Ami Sutarmi, kebanyakan pengguna jasa menggunakan ART infal dengan paket bulanan. Tapi, semuanya tergantung kebutuhan, Bun.


"Pengguna jasa lebih aman ambil yang satu bulan, terutama untuk baby sitter infal," kata Ami kepada HaiBunda baru-baru ini.

Bila Bunda butuh jasa mengasuh anak, Ami menyarankan mempekerjakan baby sitter infal selama 1,5 bulan. Waktu mempekerjakannya juga di awal puasa, bukan mendekati Lebaran.

"Banyak yang hire di awal puasa supaya punya banyak waktu pendekatan ke anak. Jadi saat susternya mudik, sudah enak dengan yang baru," ujar Ami.

Pakai ART Infal Saat Lebaran, Lebih Baik HArian atau Bulanan?/ Pakai ART Infal Saat Lebaran, Lebih Baik HArian atau Bulanan?/ Foto: istock

Pertimbangan memilih infal untuk mengasuh memang harus disesuaikan dengan pembawaan si kecil. Kata Ami, bila anak tipe yang susah didekati, lebih efektif menggunakan jasa ART infal daripada baby sitter infal. Atau, Bunda bisa mempekerjakan baby sitter bulanan untuk mulai pendekatan ke anak.

"Kalau anak susah didekati, efektifnya pakai ART infal. Tapi kalau anaknya gampang didekati dan memang butuh suster, mendingan pakai baby sitter. Nah, ini bisa pakai yang harian," papar Ami.

Nah, kalau Bunda butuh tenaga infal untuk pekerjaan rumah tangga saja, sebaiknya pilih ART infal. Tapi, ingat ya, ART infal tidak bisa dipekerjakan untuk mengasuh anak, karena kebanyakan tidak mendapatkan pelatihan seperti baby sitter.


Selain itu, menurut Ami, untuk menggunakan jasa infal, pertimbangkan waktu pulang ART reguler. Jika mudiknya hanya sebentar, lebih baik gunakan jasa ART infal harian.

"Misalnya ART regulernya cuma mudik 10 hari, itu bisa pakai paket yang harian. Tapi kalau pulangnya lama, ya pakai yang bulanan," tutup Ami.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi