moms-life

Rahasia Langgengnya Pernikahan 17 Tahun Iis Dahlia

Annisa Karnesyia Kamis, 13 Jun 2019 17:02 WIB
Rahasia Langgengnya Pernikahan 17 Tahun Iis Dahlia
Jakarta - Tujuh belas tahun menikah, Iis Dahlia dan sang suami, Satrio Dewandono hampir tidak pernah diterpa isu miring. Hmm, apa ya kunci harmonisnya rumah tangga mereka?

Baru-baru ini, Iis menyatakan bahwa salah satu kuncinya adalah tetap romantis. Kalau Bunda gimana dengan Ayah? Tetap romantis kan meski sudah cukup lama menikah?




"Gimana ya kalau sudah 17 tahun tuh, tapi kalau kita sih masih suka bilang 'I love you' setiap kali nelpon, setiap kali terakhir chat, bilang miss you gitu," ujar Iis, dikutip dari 20detik.

Meski sudah menikah belasan tahun, Iis sadar betul pentingnya menjaga hubungan dengan suami. Baginya, suami itu ibarat pacar, Bun.

"Jadi jangan bilang kalau umpamanya sudah nikah berpuluh tahun enggak ada kata sayang, cinta, enggak ada elus, jangan. Terus bilang kayak saudara, jangan. Suami itu bukan saudara, suami itu pacar kita, jadi romantis terus," ujar Iis.

Rahasia Langgengnya Pernikahan 17 Tahun Iis Dahlia/ Foto: Noel/detikFotoRahasia Langgengnya Pernikahan 17 Tahun Iis Dahlia/Foto: (Foto: Instagram @Isdadahlia)

Disibukkan dengan pekerjaan masing-masing, Iis enggak pernah ambil pusing, Bun. Cukup dengan menghabiskan waktu di rumah saja sudah cukup untuknya dan keluarga.

"Banyak hal, nonton di rumah ngumpul saja, itu spesial buat aku. Terus tidur, biasanya mereka (anak-anak) lagi kangen tiba-tiba datang ke kamar untel-untelan, itu juga spesial," paparnya.


Berbicara mengenai hubungan rumah tangga, psikolog Theresa E. DiDonato, Ph.D, mengatakan masing-masing pasangan bertanggung jawab atas kesehatan hubungannya. Hubungan romantis itu dinamis dan terus berubah karena mencerminkan keadaan, tekanan, serta pasang surut yang dialami pasangan dalam kesehariannya.

"Apa yang terjadi pada 'saya' dan 'anda' pada akhirnya memengaruhi 'kita'. Hubungan yang sehat adalah memiliki pasangan yang secara rutin memeriksa diri mereka sendiri, pasangan mereka, dan hubungan mereka untuk melihat bagaimana keadaan," tutur DiDonato, dikutip dari Psychology Today.

Itu sebabnya, pasangan perlu melakukan tindakan positif untuk memelihara hubungan pernikahan biar langgeng, Bun. Perlu perilaku positif, memahami, pengertian, jujur, dan terbuka untuk meningkatkan kepuasan hubungan cinta, dan komitmen.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi