Sign Up search


moms-life

Posisi Seks Nyaman untuk Ibu Hamil yang Sedang Lelah

Maya Sofia Senin, 08 Jul 2019 21:05 WIB
Posisi Seks Nyaman untuk Ibu Hamil yang Sedang Lelah
Jakarta - Kelelahan wajar dialami ibu hamil saat kandungan mulai membesar. Mengutip Pregnancy Birth Baby, hal ini utamanya terjadi dalam 14 pekan pertama kehamilan.

Rasa lelah tersebut bisa disebabkan beberapa faktor. Pertama, tentunya karena perubahan hormon pada ibu hamil.

Menurut dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, Sp.OG(K) dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil, peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan laju aliran darah dalam tumbuh melambat secara drastis.


Belum lagi ketika Bunda mengalami morning sickness yang bisa menguras energi. Kemudian faktor lainnya adalah berat badan yang semakin bertambah. Hal ini tentunya membuat Bunda merasa lelah karena harus membawa tubuh yang kian membesar.

Saat perut semakin bertambah besar, ibu hamil juga cenderung sulit tidur nyenyak. Bahkan, berbaring pun tidak nyaman sehingga rasa lelah kerap menghampiri. Nah, kelelahan saat hamil ini jangan dianggap sepele, Bun. 

Jika memungkinkan, beristirahat lah sebanyak mungkin. Tak perlu sungkan menerima bantuan dari sahabat dan keluarga untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari.

Posisi Seks Nyaman Bagi Ibu Hamil saat Sedang LelahIlustrasi posisi seks untuk ibu hamil. (Foto: iStock)

Namun apabila rasa lelah terasa parah, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter guna memastikan tidak kekurangan zat besi.

Sementara itu, jangan sampai rasa lelah dialami ibu hamil juga memengaruhi keintiman dengan pasangan. Jika lelah mendera, Bunda bisa kok mempraktikkan posisi seks yang nyaman.

Melansir dari Baby Centre, Bunda dan Ayah bisa mencoba posisi seks classic missionary. Posisi ini memungkinkan Bunda berbaring dan relaks.

Bunda dan Ayah juga bisa saling bertatap wajah dan lebih intim. Posisi ini biasanya disarankan saat trimester pertama dan kedua.

Namun pastikan juga agar berat tubuh Ayah tidak bertumpu pada perut Bunda. Minta pasangan untuk berganti posisi seks lainnya, seperti side saddle. Posisi seks ini juga cocok untuk Bunda saat sedang lelah karena memungkinkan untuk berbaring.

Bunda bisa juga simak manfaat bercinta di trimester akhir dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi