mom-life

Bahaya Konsumsi Obat Kuat yang Dijual di Pinggir Jalan

Maya Sofia Selasa, 09 Jul 2019 19:06 WIB
Bahaya Konsumsi Obat Kuat yang Dijual di Pinggir Jalan
Jakarta - Dengan iming-iming bisa meningkatkan vitalitas, obat kuat diburu para pria yang ingin memuaskan pasangan di ranjang. Jika Ayah termasuk salah satunya, wajib waspada ya. 

Mengutip situs web Kementerian Kesehatan, istilah obat kuat sesungguhnya tidak pernah ada dalam kamus kedokteran. Hal ini karena ketidakjelasan arah pengobatan yang ingin dicapai. Memang ada persetujuan dari BPOM untuk obat yang diindikasikan untuk kelainan disfungsi ereksi, namun penggunaannya harus dengan resep dan pengawasan dokter.

Sementara itu konsumsi produk yang disebut sebagai obat kuat tanpa diagnosis yang jelas bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan, di antaranya nyeri punggung dan pinggang, peningkatan risiko serangan jantung karena hipertensi, stroke, infark miokardium, risiko artimia dalam kehidupan, retinistis pigmentosa, serta kerusakan anatomi penis karena pecahnya pembuluh darah di penis yang diakibatkan ereksi secara terus menerus (priaisme).


Obat kuat ilegal yang disita BPOM/ Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth

Tak hanya di Indonesia, obat kuat herbal pun rupanya sudah merambah ke Amerika Serikat (AS). Profesor bedah urologi dari University of Chicago, Gregory Bales, menuturkan bahwa obat-obatan semacam itu sangat berbahaya. Reaksi dan efek samping sangat mungkin terjadi karena obat-obatan tersebut tak terdaftar dalam Food and Drug Administration (FDA) AS.

"Anda akan mendapat masalah kesehatan karena beberapa dari obat ini adalah stimulan. Tentu saja stimulan yang dikonsumsi sembarangan dan berjumlah besar akan menyebabkan masalah, terutama pada sistem kardiovaskular," tutur Bales dikutip dari detikcom.

Bales mengaku sering mendapat pertanyaan soal suplemen herbal dari pasiennya. Rata-rata pertanyaan tersebut berasal dari pasien disfungsi ereksi yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia.

FDA sendiri mewaspadai peredaran obat-obatan ilegal ini. Penyebabnya, banyak dari obat-obatan yang mengaku herbal ternyata mengandung bahan kimia. Alias, obat-obatan tersebut bukan murni suplemen yang berasal dari tumbuhan namun sudah dicampur dengan bahan kimia obat (BKO).

Nah, sudah jelas bahaya dari obat kuat ini ya. Jika Ayah mengalami gangguan pada tubuh, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter ya.

Ayah juga bisa simak beberapa makanan untuk menghasilkan penis yang sehat dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi