sign up SIGN UP search


parenting

Echinacea, Obat Alami untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asri Ediyati Sabtu, 06 Jul 2019 17:03 WIB
Tanaman Echinacea, obat alami yang tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak cuma itu, intip manfaat lainnya di sini, Bun. caption
Jakarta - Jika Bunda beli suplemen untuk sistem kekebalan tubuh, biasanya menemukan kandungan Echinacea. Apa itu? Echinacea, juga disebut coneflower ungu, adalah salah satu herbal paling populer di seluruh dunia.

Dilansir Healthline, penduduk asli Amerika telah menggunakannya selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Saat ini, obat ini dikenal sebagai obat herbal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sering dipakai untuk mengobati flu biasa.
Namun, Echinacea juga digunakan untuk mengobati rasa nyeri, radang, migrain, dan masalah kesehatan lainnya. Secara keseluruhan, kelompok Echinacea memiliki sembilan spesies, tetapi hanya tiga yang digunakan dalam suplemen herbal yakni Echinacea purpurea, Echinacea angustifolia dan Echinacea pallida.
Echinacea, Obat Alami untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan TubuhEchinacea/ Foto: iStock
Bagian atas dan akar tanaman digunakan dalam tablet, tingtur, ekstrak, dan teh. Tanaman Echinacea mengandung berbagai senyawa aktif yang baik, seperti asam caffeic, alkamide, asam fenolik, asam rosmarinic, polyacetylenes, dan banyak lagi.

Echinacea terkenal karena memiliki efek menguntungkan sistem kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa tanaman ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan virus, yang dapat membantu pulih lebih cepat dari penyakit.


Disebutkan Josh Axe, DC, DNM, CNS, seorang dokter chiropraktik, dokter bersertifikat obat alami, dan ahli gizi klinis, Echinacea membantu mengatasi flu terbukti dalam beberapa jurnal ilmiah.

"Diterbitkan dalam jurnal Lancet Infectious Diseases, University of Connecticut melakukan studi meta-analisis yang mengevaluasi 14 studi dan menetapkan bahwa Echinacea mengurangi kemungkinan terkena flu biasa hingga 58 persen. Echinacea mengurangi durasi flu biasa hampir satu setengah hari," tulis Axe dalam laman resminya, Dr. Axe.

Kemudian, Craig Coleman, Asisten Profesor Praktek Farmasi dan penulis utama studi tersebut, menambahkan bahwa, "Pesan yang dibawa pulang dari penelitian kami adalah bahwa echinacea memang memiliki manfaat pencegahan flu dan perawatan flu yang kuat. Seperti yang saya temukan, ini adalah salah satu beberapa obat flu alami yang efektif."

Tak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, Axe menyebutkan benyak manfaat dari Echinacea antara lain, obat anti nyeri, peradangan, mengatasi konstipasi, megatasi masalah kulit, obat alami untuk anak ADHD (Attention-deficit/hyperactivity disorder).

"Karena efeknya meningkatkan kekebalan tubuh dan anti-inflamasi, echinacea dapat digunakan untuk meredakan gejala pernapasan atas seperti sinusitis akut, flu, asma, pilek, difteri, radang tenggorokan, TBC, batuk rejan," tulis Axe.

Simak juga video tentang berbagai jenis sakit kepala yang perlu diketahui.

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi