moms-life

Cara Sehat Memasak Ikan, Seperti Apa?

Melly Febrida Jumat, 12 Jul 2019 09:32 WIB
Cara Sehat Memasak Ikan, Seperti Apa?
Jakarta - Ikan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain memperhatikan asal ikan, cara memasaknya juga perlu Bunda perhatikan agar tak kehilangan manfaat sehat dari kandungan gizi yang terdapat pada ikan.

Sejumlah profesional medis sering merekomendasikan konsumsi ikan satu sampai dua kali seminggu. Disebutkan, teratur konsumsi ikan bisa menurunkan risiko sejumlah kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, dan depresi.

Helen West, ahli gizi dari the Robert Gordon University, Aberdeen, Scotland, menjelaskan ikan secara umum ada dua kategori yakni tak berlemak dan berlemak. Keduanya dianggap bergizi dan merupakan sumber protein berkualitas tinggi, tetapi ikan berlemak dianggap sangat penting bagi kesehatan.

"Sebab, ikan berlemak mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk asam lemak omega-3 dan vitamin D. Memang, cara terbaik mendapat vitamin D adalah dari paparan sinar matahari. Namun, ikan berlemak menjadi salah satu sumber makanan vitamin D," tutur West dilansir Health Line.

Makan ikan tanpa lemak juga memiliki manfaat kesehatan. Beberapa penelitian telah mengaitkannya dengan risiko sindrom metabolik dan penyakit jantung yang lebih rendah. Nah, Bun, ada beberapa hal yang memengaruhi nutrisi ikan yang kita makan. Misalnya, jenis ikan, metode memasak, lama waktu memasak, dan minyak goreng yang digunakan.



"Untuk mendapat banyak nutrisi dari ikan, metode memasak yang sehat itu yang membatasi hilangnya lemak omega-3, mempertahankan sebagian besar nutrisi dan meminimalkan pembentukan senyawa berbahaya," ujar West.

Dari sekian banyak cara memasak ikan, menurut West, menggoreng deep frying merupakan metode memasak yang paling tidak sehat. Temperatur yang tinggi selama menggoreng bisa merusak asam lemak omega-3 yang sehat dalam ikan ketimbang metode memasak lainnya.

Selain itu, suhu tinggi ketika menggoreng juga dapat menyebabkan lebih banyak senyawa berbahaya yang dibentuk oleh HA, PAH, dan advanced glycation end product (AGE).

"Selama proses menggoreng, ikan akan menyerap sebagian lemak, meningkatkan kandungan kalorinya dan mengubah jenis lemak yang dikandungnya," tambah West.

Untuk metoda masak yang sehat, West mengatakan bisa dengan cara di microwave, memanggang, mengukus, dan merebus ikan. Klik halaman berikutnya untuk tahu penjelasan metode memasak ikan, Bun. 

Lihat juga resep pepes gurame bubu di video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi