sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Ampuh Basmi Kecoak di Rumah

Asri Ediyati Selasa, 16 Jul 2019 19:00 WIB
Kecoak bisa dibilang hama di rumah, keberadaannya merugikan kesehatan karena membawa banyak bakteri. Simak tiga cara ampuh basmi kecoak di rumah. caption
Jakarta - Kecoak seringkali menjadi masalah di rumah. Sebuah studi di jurnal Scientific Reports menemukan kini kecoak menjadi lebih sulit untuk dibasmi. Serangga pembawa penyakit ini makin resisten dengan berbagai insektisida.

Dikutip dari Mother Nature Network, para peneliti menyarankan menggabungkan perawatan kimia dengan metode lain seperti perangkap dan sanitasi yang lebih baik. Bunda bisa memberikan insektisida dikombinasikan dengan metode alami.

Bagaimana cara membasminya? Berikut dikutip dari Good Housekeeping, lima cara ampuh membasmi kecoak di rumah.

1. Identifikasi masalah dan cari bantuan profesional jika butuh


Kecoak adalah serangga yang menyukai area gelap, hangat, dan lembap seperti kamar mandi, ruang bawah tanah, ruang cuci. Perlu diketahui, Bun, kecoak ternyata dapat mencemari makanan dengan bakteri E. coli dan salmonella yang menyebabkan penyakit. Jadi jangan anggap enteng dengan kehadiran kecoak.

Jika Bunda merasa kesulitan memberantas kecoak atau mengidentifikasi dari mana asalnya, Bunda mungkin perlu membawa tenaga profesional khusus pengendalian hama. Mereka dapat menentukan jenis apa masalah yang dimiliki dan sumber masalahnya.

2. Bersihkan sisa makanan

Seperti halnya manusia, hama ini membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Namun bedanya, mereka dapat hidup dari sisa-sisa, seperti makanan, puing-puing, dan bahkan remah-remah.

"Mulailah dengan membersihkan makanan yang tumpah atau tersisa. Kotak sereal yang terlupakan di belakang kabinet adalah tambang emas untuk kecoak. Jangan meninggalkan hidangan apa pun di atas meja atau di wastafel," saran ahli entomologi Orkin, Chelle Hartzer.

Simpan sampah di tempat sampah dengan tutup yang tidak longgar. Jangan lupa untuk bawa keluar secara rutin.

3. Buang benda yang jadi tempat persembunyian kecoak

Selain makanan, kecoak membutuhkan tempat untuk berkembang. Sudut dan celah favorit mereka termasuk tumpukan kertas dan kotak kardus, jadi buanglah benda-benda yang sekiranya tak pernah terpakai.
Ilustrasi kecoak/ Ilustrasi kecoak/ / Foto: Thinkstock
4. Berikan umpan

Meskipun sanitasi dan tata rumah yang baik adalah kuncinya, Bunda juga dapat menggunakan beberapa alat lain untuk membasmi kecoak.

"Umpan adalah pilihan ideal bagi pemilik rumah, karena mudah diterapkan. Anda tidak ingin menyemprot pestisida di tempat yang luas karena dapat mencemari permukaan benda. Umpan adalah cara yang lebih bersih dan tidak terlalu berisiko untuk mengendalikan masalah," ujar Goldstein.

5. Halangi jalan keluar-masuk kecoak

Kita bisa menjebak kecoak melalui celah, lubang kamar mandi, atau jendela. Jadi jangan lupa menutup celah antara bagian dalam dan luar ruangan. Supaya kecoak tak bisa masuk ke dalam rumah, Bun.

Simak juga cara membuat perangkap lalat di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi