sign up SIGN UP search


moms-life

Jangan Abaikan Orang yang Cuek dengan COVID-19, Ini 4 Cara Menghadapinya Bun

Annisa Karnesyia Senin, 19 Jul 2021 11:45 WIB
Pretty woman wearing a medical mask and pointing finger up on white background caption
Jakarta -

Penularan COVID-19 di Indonesia mulai meningkat selama beberapa bulan terakhir. Penyebaran virus COVID-19 semakin meluas dengan munculnya varian Delta, Bunda.

Meski kasus COVID-19 terus meningkat, kita masih saja menjumpai orang-orang yang cuek dengan protokol kesehatan alias prokes. Padahal, menerapkan prokes adalah salah satu cara mencegah penularan.

Asisten profesor psikologi di New York University Abu Dhabi, Jocelyn J. Belanger, mengatakan bahwa kerugian finansial yang disebabkan COVID-19 lebih membuat orang takut dibandingkan risiko kesehatan. Dalam satu analisis khusus bahkan menyebutkan, tidak ada satu negara pun yang merujuk infeksi COVID-19 sebagai risiko tinggi dibandingkan konsekuensi ekonomi.


"Rata-rata orang diseluruh dunia lebih termotivasi oleh 'dompet' mereka dibandingkan kesehatan," kata Belanger, dilansir Scientific American.

Perilaku cuek dapat berasal dari teori klasik psikolog Amerika Jack W. Brehm tahun 1966. Teori ini menjelaskan tentang tentang orang yang memiliki kebebasan berprilaku cenderung akan merasa termotivasi bila kebebasan ini dihilangkan.

"Artinya, ketika seseorang diminta untuk melakukan sesuatu, dia akan melakukan yang sebaliknya," ujar Belanger.

Menghadapi orang yang cuek dengan COVID-19 memang tak mudah. Jika kita diam dan tidak bicara, maka orang tersebut bisa menjadi sumber penularan tanpa diketahuinya.

Lalu bagaimana menghadapi orang yang cuek dengan COVID-19? Mengutip Times of India, berikut 4 cara menghadapinya:

1. Bantu mereka paham tentang prokes

Masih banyak orang cuek dengan COVID-19 karena menganggap kondisi tubuh mereka sehat, sehingga tidak akan tertular. Biasanya, pola pikir ini dimiliki oleh orang yang masih muda, Bunda.

Padahal, usia tidak lantas memengaruhi seseorang bisa tertular atau tidak dengan COVID-19. Meski sudah divaksin pun, tidak ada jaminan orang yang masih mudah tidak akan tertular.

Simak juga tips membujuk ART agar mau tes swab dan vaksin, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JELASKAN PENTINGNYA JAGA JARAK DAN PAKAI MASKER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi