mom-life

Bunda, Ketahui Empat Tata Cara Memulai Investasi

Asri Ediyati Senin, 22 Jul 2019 18:33 WIB
Bunda, Ketahui Empat Tata Cara Memulai Investasi
Jakarta -
Di era teknologi ini benar-benar memudahkan kita untuk menabung. Diceritakan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman, zaman dahulu menabung di celengan atau ke kantor pos. Sekarang kita punya banyak pilihan, Bun, selain menabung kita juga bisa berinvestasi.

Jika ingin memulai investasi, Luky menyarankan untuk tidak gegabah dalam memilih jenisnya. Jangan juga kita termakan iming-iming hasil tinggi.

"Kita perlu memilih dengan baik karena ada investasi abal-abal. Sekarang banyak kok caranya berinvestasi dengan cara aman, misalnya buka deposito, tanah berupa properti, investasi ritel, lalu nabung saham juga bisa sebagai media investasi," kata Luky di acara 'Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi di SBR007' bersama Kemenkeu RI, di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Kata Luky, investasi memang tak bisa dirasakan dalam jangka waktu yang dekat. Namun, di masa depan kita akan menuai hasilnya. Dengan berinvestasi, Bunda akan berlatih mengelola keuangan secara baik dan berdisiplin dalam membelanjakan dananya sesuai rencana alokasinya.


Nah, sekarang pemerintah menerbitkan Savings Bond Ritel, Bun. Apa itu? Savings Bond Ritel (SBR) merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia. Pemerintah kembali menawarkan SBR kepada masyarakat Indonesia dengan seri SBR007 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Ilustrasi wanita/ Ilustrasi wanita/ / Foto: ilustrasi/thinkstock
Jika Bunda tertarik untuk membeli SBR007, ada nih tata cara pembeliannya.

1. Registrasi

Investor melakukan registrasi melalui sistem online Midis (Mitra distribusi). Apa saja mitranya? Bank-bank yang bekerjasama dengan pemerintah, Bun. Seperti Mandiri, BNI, BRI, dan Midis yang terdaftar. Lalu membuat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pemesanan online.

2. Pemesanan

Investor melakukan pemesanan melalui sistem elektronik Midis setelah membaca ketentuan dalam Memorandum informasi. Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik Midis atau e-mail kepada investor. Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

3. Pembayaran
Pembayaran dapat dilakukan melalui seluruh Bank/Pos Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dengan batas waktu maksimal 3 jam sejak pemesanan dinyatakan verified. Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik Midis dan e-mail yang terdaftar.

4. Konfirmasi

Bunda akan menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBR via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar.

Untuk lebih lanjutnya, Bunda bisa melihat gambar yang terlampir tentang struktur SBR007 dari Kemenkeu RI. Masa penawaran SBR007 akan dibuka pada 11 Juli 2019 pada pukul 09.00 dan ditutup pada 25 Juli 2019 pukul 10.00 Luky menambahkan. dana yang Bunda investasikan lewat pembelian SBR007 nantinya untuk pembangunan Indonesia, Bun.

"Uangnya untuk pembangunan Indonesia, infrastruktur, pendidikan. Jadi ikut berpartisipasi membangun Indonesia. Untuk investasi jangan tunggu kita kaya, tapi mulailah ketika sudah berpenghasilan," tutur Luky.

Simak juga perihal tentang investasi emas melalui video berikut.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi