moms-life

4 Trik Sederhana Hilangkan Noda di Pakaian

Melly Febrida Rabu, 17 Jul 2019 13:35 WIB
4 Trik Sederhana Hilangkan Noda di Pakaian
Jakarta - Noda di pakaian misalnya feses di pakaian bayi bisa bikin jengkel karena susah hilang. Nah, seorang ibu ingin berbagi trik yang siapa tahu bisa Bunda tiru biar enggak menghabiskan sabun ketika hendak menghilangkan noda di pakaian bayi. He-he-he

Jadi, seorang ibu berbagi trik membersihkan baju kotor di grup Facebook Cleaning hacks. Caranya sederhana banget, ia hanya menggantung pakaian bernoda di luar di bawah sinar matahari yang terik.




"Sebelum dan sesudah 24 jam dan tidak memerlukan penghilang noda," tulis ibu yang tak disebutkan identitasnya itu mengutip Mirror.

Dalam postingan ibu tersebut, ia berbagi foto baju putih yang terkena noda saus tomat. Lalu, kemudian diunggah foto berikutnya masih dengan baju yang sama, tapi sudah bebas noda.

Mungkin cara ini membingungkan bagi sebagian orang, tapi ternyata sudah banyak ibu yang tahu tentang trik ini.

"Ini benar-benar bekerja. Noda kotoran saus tomat dan saus lain menghilang setelah beberapa jam baju dijemur di bawah sinar matahari terik. Jangan bertanya bagaimana cara kerjanya, yang penting berhasil," tulis seorang pengguna lain mengomentari foto itu.

Seorang anggota grup lainnya ikut berkomentar, "Saya melakukan ini sepanjang waktu dan sebagian besar hasilnya menyenangkan".

Mengutip Stain Removal 101, kekuatan matahari memang sering dilupakan untuk bisa menghilangkan noda pada pakaian dan barang-barang rumah tangga lainnya. Dengan kata lain, sinar matahari bisa jadi cara paling alami untuk membersihkan.

Sejumlah wanita memang telah mengetahui mengeringkan barang-barang di bawah sinar matahari yang hangat membantu barang tersebut alami memutihkan. Namun, kain kadang bisa pudar jika terlalu lama dijemur. Untuk itu, cobalah menjemur kain secukupnya.

Biasanya, untuk menghilangkan noda pakaian dijemur dua sampai tiga jam. Untuk cara menghilangkan noda di pakaian, tampaknya setiap orang memiliki tips yang pernah dicoba. Cleaning Guru terkenal di Australia, Shannon Lush memberi penjelasan terkait menghilangkan noda di pakaian.

"Ini benar-benar hanya masalah kimia. Tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua," ujarnya. Berikut panduan Lush untuk menghilangkan beberapa noda mengutip Now to Love.

ilustrasi hilangkan noda di pakaianilustrasi hilangkan noda di pakaian/ Foto: iStock
1. Minyak

Noda minyak di pakaian bisa menjengkelkan. Untuk menghilangkannya, coba teteskan cairan pencuci piring ke ujung jari dan gosokkan ke tempat noda. Ketika teksturnya berubah menjadi lebih kenyal, bilas dengan air.

2. Anggur merah

Tuang cuka putih ke area bernoda lagi dan lagi sampai hilang. Jika nodanya tebal, bersihkan dengan cuka dan plus soda bikarbonat, kemudian bilas.

3. Tinta

"Semua pena tidak sama. Jika pakaian terkena noda pulpen, hal terbaik adalah gunakan susu basi. Tempatkan 300 ml susu dalam wadah terbuka dan biarkan di bawah sinar matahari sampai kental dan menggumpal. Taruh gumpalan di tinta, gosok, lalu bilas," papar Lush.



4. Darah

Bunda hanya membutuhkan air dingin dan sabun mandi. Gosokkan sabun di area bernoda dan bilas dengan air. Jika belum hilang, oles noda dengan gliserin dan biarkan selama 30 menit. Lalu coba lagi gosokkan sabun ke area bernoda.

"Memakai deterjen terlalu banyak bisa sia-sia. Sabun dirancang untuk memecah tegangan di permukaan air. Sehingga air bisa masuk dan membersihkan pakaian," tutur Lush.

Hmm, gimana cara mencuci pakaian yang benar? Penjelasannya ada di video berikut ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi