moms-life

Bunda Perlu Tahu, Kondisi Seseorang yang Rentan Kena Gastritis

Melly Febrida Minggu, 04 Aug 2019 10:04 WIB
Bunda Perlu Tahu, Kondisi Seseorang yang Rentan Kena Gastritis
Jakarta - Gastritis bisa mengenai siapa saja. Tapi, orang dengan kondisi seperti apa yang lebih rentan mengalami gastritis?

Dr.Tamlyn Maree, General & Aesthetic Practitioner, mengatakan gastritis sebenarnya bukan kondisi yang sangat serius dan jika diobati bisa cepat membaik dengan sedikit atau tanpa komplikasi.

"Tapi, jika tidak diobati, dapat mengakibatkan berkembangnya bisul atau peningkatan risiko kanker lambung," ujar Maree dilansir My Med. Nah, kata Maree ada orang yang rentan terkena gastritis yaitu:


1. Sering minum alkohol

Maree mengatakan alkohol bisa mengiritasi lapisan lambung. Konsumsi alkohol berlebihan biasanya menyebabkan gastritis akut.

2. Sering konsumsi obat antiinflamasi non-steroid (NSAID)

Obat ini contohnya aspirin dan ibuprofen. Penggunaan obat pereda nyeri secara rutin bisa mengurangi zat utama dalam tubuh, yang secara alami membantu menjaga lapisan pelindung perut.

3. Pengguna atau pecandu kokain

Lapisan perut menipis secara alami seiring bertambahnya usia seseorang. Orang dewasa yang lebih tua juga biasanya lebih rentan terhadap Helicobacter pylori atau gangguan autoimun daripada orang yang lebih muda.

4. Stres berat

Penyebabnya bisa karena sakit, operasi besar, atau cedera parah.

5. Memiliki gangguan autoimun atau gangguan pencernaan

Gastritis autoimun dapat berkembang ketika tubuh mulai 'menyerang' sel-sel yang membentuk lapisan perut. Sistem kekebalan tubuh kemudian bereaksi dengan menghilangkan penghalang pelindung perut. Gastritis autoimun dikaitkan dengan defisiensi vitamin B-12 dan lebih sering terjadi pada orang yang didiagnosis gangguan autoimun lainnya.

Ilustrasi gastritisIlustrasi gastritis/ Foto: iStock
6. Infeksi virus, parasit atau bakteri

"Kadang, orang rentan terhadap Helicobacter pylori karena keturunan atau akibat gaya hidup yang membuatnya rentan terpapar bakteri," ujar Maree.

7. Faktor lain

Misalnya kondisi medis tertentu, merokok, konsumsi kafein, konsumsi obat tertentu, orang dewasa yang lebih tua, memiliki gangguan autoimun, paparan radiasi, alergi makanan, dan infeksi lain.

Mengutip Medical News Today, Dr.Daniel Sallis Murrell, associate professor untuk internal medicine and infectious disease, mengatakan keluhan gastritis bisa dikurangi dengan memilih makanan tertentu. Saat mengalami gastritis, disarankan mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti yoghurt dan kecambah brokoli.

"Makanan lain yang aman dikonsumsi saat mengalami gastritis meliputi seledri, apel, beri, minyak zaitun, madu, dan teh herbal," kata Murrell.



Sedangkan, makanan yang harus dihindari adalah minuman berkafein, jeruk, jus jeruk, minuman beralkohol, makanan pedas, produk susu murni, keju, produk tomat, dan cokelat.

Untuk mengurangi risiko terkena gastritis, jaga kebersihan dengan mencuci tangan juga sayuran sebelum dimasak. Kemudian, hindari konsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, dan rokok.

Asam lambung bisa sebabkan kematian? Simak penjelasannya dalam video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi