sign up SIGN UP search


moms-life

Curhat Elvy Sukaesih Terkait Anaknya yang Alami Skizofrenia

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 15 Sep 2019 10:01 WIB
Elvy Sukaesih menjelaskan gangguan mental yang dialami anaknya, sehingga mengamuk dan dianggap seperti orang gila. caption
Jakarta - Beberapa hari lalu publik digemparkan dengan aksi anak Elvy Sukaesih, Isa Haidar yang mengamuk di sebuah warung di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur. Menurut penuturan beberapa saksi, Isa mengamuk karena ingin mengutang di sebuah warung.

Menanggapi hal itu, Elvy Sukaesih akhirnya angkat bicara nih, Bun. Menurut pedangdut senior itu, sang anak mengalami skizofrenia. Melansir Medical News Today, skizofrenia adalah gangguan mental yang biasanya muncul pada akhir masa remaja atau di awal masa dewasa. Paling sering menyerang orang yang berusia 16 dan 30 tahun.

Ciri-cirinya, orang yang idap skizofrenia akan mengalami delusi, halusinasi, dan kesulitan kognitif lainnya. Itu sebabnya orang yang alami skizofrenia harus berjuang seumur hidupnya. Laki-laki disebutkan menunjukkan gejala pada usia yang sedikit lebih muda dibanding perempuan.


Elvy bercerita kalau Haidar mengalami skizofrenia setelah skit stroke beberapa waktu lalu. Dilansir Insertlive, keluarga bahkan sudah menunjukkan surat keterangan kondisi gangguan jiwa ke Polda Metro Jaya agar tak menahan Haidar.

"Maaf kalau mau dibilang orang yang hilang ingatan, Haidar masih ingat semua, masih bisa bicara, masih ingat salat dan mengaji," kata Elvy.

Curhat Elvy Sukaesih Terkait Anaknya yang Alami SkizofreniaAnak Elvy Sukaesih alami skizofrenia/ Foto: Pingkan/detikHOT

Elvy yang didampingi anaknya, Fitri menjelaskan beberapa penyebab Haidar menderita skizofrenia. Artis yang biasa disapa Umi itu mengatakan, banyaknya tekanan dan hal berat yang dialami Haidar menjadi pemicunya.

Tapi, hingga sejauh ini Haidar menolak disebut sebagai orang gila. Dia menolak ketika disatukan dengan orang-orang yang mengalami gangguan jiwa, Bun.

"Sewaktu di rumah sakit dicampur dengan orang gila, dia (Haidar) juga enggak terima," terang Umi menambahkan.

Sama seperti pasien skizofrenia lainnya, Haidar juga harus menjalani perawatan seumur hidupnya. Pengobatan rutin akan membuatnya kembali normal dan menjalani hidup seperti semula. Kita doakan semoga cepat sembuh ya, Bun!

Intip juga tips agar para Bunda enggak gampang marah dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi