sign up SIGN UP search


moms-life

Viral Foto Selfie di Makam Habibie, Simak 7 Adab Ziarah Kubur

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 15 Sep 2019 11:30 WIB
Anggun C Sasmi menjadi orang yang miris dan sedih melihat orang-orang berfoto selfie di depan makan BJ Habibie. Simak adab saat ziarah kubur. caption
Jakarta - Kepergian BJ Habibie pada Rabu (11/9/2019), masih meninggal duka bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika orang dari berbagai kalangan ingin berziarah ke makam presiden ketiga RI tersebut.

Namun sayangnya, kebanyakan masyarakat justru melakukan selfie di depan makam BJ Habibie. Tak terlihat mereka sedang berdoa, justru foto-foto di atas pusara Habibie yang kemudian viral di media sosial.

Tentu saja kejadian tersebut menimbulkan kekecewaan di hati banyak orang. Penyanyi Anggun C Sasmi menjadi salah satu orang yang menyayangkan orang-orang yang selfie di depan makam Habibie.

"Melihat foto ini mendadak sedih. Mungkin sudah saatnya ada edukasi untuk para "Generasi Selfie" yang harus belajar menilai situasi dan melihat konteks. Ada saat untuk bisa selfie dan untuk tidak," tulis Anggun di Instagram miliknya.

[Gambas:Instagram]

Melansir detikcom, hingga Minggu (15/9/2019) masih ramai peziarah yang datang ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan. Bedanya, kini mereka diimbau para sekuriti agar tidak sekadar selfie di makam Habibie.

"Di dalam hanya untuk berdoa, fotonya juga buat kenang-kenangan. Tetap nggak boleh selfie-selfie," imbau salah satu sekuriti di depan pintu masuk TMPNU Kalibata.

Kementrian Sosial (Kemensos) ikut turun tangan mengerahkan anggotanya untuk membantu tugas para sekuriti TMPNU menertibkan para peziarah. Dijelaskan salah satu petugas TMPNU Kalibata, Iswani bahwa tujuannya agar warga memahami azab ziarah kubur nih, Bun.

Viral Foto Selfie di Makam Habibie, Simak 7 Adab Ziarah KuburWarga selfie di depan makam BJ Habibie/ Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

"Itu kan kurang etis, kurang bagus dilihatnya. Itu aja yang kita imbau dari pimpinan juga mengimbau seperti itu. Silahkan mengambil foto, silakan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja," terang Iswani.

Nah, Bunda, sebaiknya sebelum berziarah kubur kita harus memahami adabnya ya. Jadi memahami hal-hal yang boleh dan enggak boleh di lakukan di area pemakaman. Mengutip penjelasan di laman NU Online dan beberapa sumber lainnya, berikut 6 adab ziarah kubur.

1. Mengucapkan salam, 'Assalamu alaika dara qaumi mu'minin, wa innna insya Allahu bikum lahiqun'. (Semoga keselamatan tertuju pada engkau wahai rumah perkumpulan orang-orang mukmin, sesungguhnya kami, jika Allah menghendaki akan menyusul kalian.)

2. Ketika sampai di depan kuburan, ucapkan salam dan datangi dari arah wajah mayit. Menziarahi kuburannya sama seperti berbicara dengan orangnya saat masih hidup.

3. Saat berziarah hendaknya merenungkan bagaimana keadaan orang yang sudah meninggal.

4. Mendoakan dan membacakan zikir untuk orang yang berada di dalam kubur.

5. Tidak duduk dan menginjak atas kuburan.

6. Menjaga ucapan agar tidak mengatakan hal kasar dan batil.

7. Menjaga diri agar tidak menangis berlebihan sampai meratapi orang yang sudah meninggal.

Semoga membantu!

Simak momen mengharukan saat para cucu ziarah ke makam BJ Habibie!

[Gambas:Video 20detik]


(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!