moms-life

Sosok BJ Habibie di Mata Sang Cucu

Annisa Karnesyia Sabtu, 14 Sep 2019 08:03 WIB
Sosok BJ Habibie di Mata Sang Cucu
Jakarta - Kepergian Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie bukan cuma meninggalkan duka bagi masyarakat Indonesia. Tapi juga keluarga termasuk anak dan cucu-cucunya.

Salah satu cucu Habibie, Farrah Azizah Habibie menceritakan sosok sang kakek yang tidak bisa dilupakannya. Farrah mengenang sang kakek yang kerap disapa Eyang ini adalah orang yang menyenangkan dan ceria.

"Eyang tuh orangnya baik banget, he's so kind and lovable, dan dia selalu memberikan yang terbaik bagi kita, dia selalu tersenyum. Dia ceria banget lah orangnya," kata Farrah, dikutip dari InsertLive.


Selain itu, sosok Habibie adalah kakek yang perhatian ke cucu-cucunya, Bun. Kesibukan tidak pernah jadi kendala Habibie untuk dekat dengan keenam cucunya.

Habibie juga sempat menitipkan pesan pada cucu-cucunya sebelum wafat. Bapak Teknologi Indonesia itu berpesan agar mereka selalu kompak.

"Eyang tuh dia pesen biar kita semua kompak, enggak berantem. Kita semua masih bertemu selalu bareng, selalu saling menjaga satu sama lain, biar eyang tahu kita saling memiliki," ungkap putri dari Thareq Kemal Habibie itu.

Sosok BJ Habibie di Mata Sang CucuBJ Habibie semasa hidup/ Foto: Istimewa

Menjadi sosok kakek yang menyenangkan seperti mendiang Habibie bisa meninggalkan memori baik di pikiran seorang cucu. Menurut terapis dari New York, Sharon O'Neill, momen kebersamaan kakek dan cucu akan terus diingat keduanya.

"Semakin bertambahnya usia cucu, jika kedekatan itu terbangun baik, mereka akan mengingat kakek sebagai sosok yang menyenangkan. Itu semua berharga," ujar O'Neill, dilansir Baby Center.

Sebagai kakek, tidak perlu takut untuk berbagi cerita dengan cucu. Lupakan stereotip kalau kakek yang bicara dengan cucu itu membosankan.

Mengutip Forever Families, profesor Stephen F Duncan dari University Brigham Young mengatakan, kakek bisa menjadi sosok penghilang stres, Bun. Seorang kakek akan mengawasi keluarganya termasuk anak dan cucu-cucunya.

"Kakek adalah sosok utama yang berperan sebagai pendukung cucu-cucunya," kata Duncan.

Simak juga puisi Habibie untuk istrinya, Ainun.

[Gambas:Video Insertlive]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi