moms-life

Ayo Bangun! Ini 12 Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Melly Febrida Jumat, 27 Sep 2019 07:00 WIB
Ayo Bangun! Ini 12 Manfaat Olahraga di Pagi Hari
Jakarta - Umumnya, orang berolahraga di pagi hari. Walau, ada juga yang olahraga di sore bahkan malam hari. Jika Bunda termasuk si tim pagi, ada manfaat yang bisa didapat.

Ahli fitnes Daniel Bubnis mengatakan, waktu orang untuk bisa berolahraga itu berbeda-beda. Tapi, ada beberapa keuntungan berolahraga di pagi hari mengutip Health Line:

1. Lebih fokus


Bubnis mengatakan, berolahraga pagi hari bisa mengurangi distraksi saat melakukannya. Sehingga, Bunda lebih fokus.

2. Udara lebih segar

Berolahraga di pagi hari akan terasa lebih nyaman karena terik matahari biasanya mulai pukul 10.00 - 15.00 WIB.

3. Pilihan makanan lebih sehat

"Dalam sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of ObesityTrusted Source, ditemukan ketika berolahraga pagi hari, responden cenderung memilih makanan yang lebih sehat. Misal, mengurangi konsumsi daging merah dan gorengan," kata Bubnis.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Latihan pagi hari menyebabkan fluktuasi hormon tubuh. Kortisol adalah hormon yang membuat tetap terjaga dan waspada. Ini sering disebut hormon stres, tetapi hormon ini hanya menyebabkan masalah kalau terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Menurut Bubnis, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari. Mencapai puncaknya sekitar pukul 8 pagi. Apabila ritme sirkadian tubuh Bunda sehat, tubuh mungkin lebih siap untuk berolahraga saat ini.

ilustrasi olahraga pagi hariilustrasi olahraga pagi hari/ Foto: iStock
5. Lebih banyak energi

Olahraga teratur sangat baik untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Ini meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina. Dengan berolahraga di pagi hari, Bunda mungkin merasa lebih berenergi sepanjang hari.

6. Lebih fokus

Aktivitas fisik juga meningkatkan fokus dan konsentrasi, terlepas dari waktu melakukannya. Tapi, kalau Bunda kesulitan fokus pada siang hari, mungkin bisa berolahraga di pagi hari.

Sebuah studi 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan olahraga pagi meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan. Olahraga di pagi hari juga dikaitkan dengan kognisi yang lebih baik sepanjang hari, terutama jika dibarengi dengam istirahat teratur.



7. Suasana hati yang lebih baik

Aktivitas fisik itu bisa menjadi obat alami untuk stres. Selama berolahraga, otak menghasilkan lebih banyak endorfin, neurotransmiter yang menimbulkan rasa nyaman.

8. Mendukung penurunan berat badan

Menurut sebuah studi kecil tahun 2015 yang diterbitkan di EBio Medicine Trusted Source, olahraga pagi hari mungkin cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Para peneliti menemukan pembakaran lemak 24 jam paling tinggi ketika berolahraga di pagi hari sebelum sarapan.

9. Kontrol nafsu makan

Secara umum, olahraga membantu mengatur nafsu makan dengan mengurangi ghrelin, hormon rasa lapar. Ini juga meningkatkan hormon kenyang, seperti peptida YY dan glukagon-suka peptida-1.

"Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & ExerciseTrusted Source, menemukan otak perempuan memiliki respons yang lebih kuat terhadap foto makanan ketika mereka tidak berolahraga di pagi hari," papar Bubnis.

[Gambas:Instagram]

10. Meningkatkan aktivitas secara keseluruhan

Menurut penelitian 2012 yang sama dalam Medicine & Science in Sports & Exercise Trusted Source, olahraga pagi dikaitkan dengan lebih banyak gerakan sepanjang hari. Setelah berjalan selama 45 menit di pagi hari, para peserta menunjukkan peningkatan aktivitas fisik selama 24 jam ke depan.

Mengutip Shape, Para peneliti Universitas Bringham Young juga menemukan dalam penelitian yang sama bahwa orang yang berolahraga di pagi hari jadi lebih aktif secara umum.

11. Stabilkan tekanan darah

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Vascular Health and Risk Management Trusted Source, olahraga pagi terutama di jam 7 pagi bisa menstabilkan tekanan darah. Sedangkan, penelitian Appalachian State University menemukan, berolahraga di pagi hari mengurangi tekanan darah sebesar 10 persen yang berlanjut sepanjang hari dan bahkan menurunkan lebih banyak tekanan darah (hingga 25 persen) di malam hari.

12. Tidur malam lebih baik

Studi 2014 menunjukkan orang dewasa tidur lebih baik bila berolahraga pada pukul 7 pagi. National Sleep Foundation mengatakan olahraga, olahraga pagi hari bisa membuat tidur lebih nyenyak, lama, dan berkualitas.

Simak olahraga ekstrem di Madura dalam video ini.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi