sign up SIGN UP search


moms-life

Ditinggal Herman 'Seventeen', Juliana Moechtar Kurus Tanpa Diet

Yuni Ayu Amida Selasa, 01 Oct 2019 20:00 WIB
Setelah suami meninggal dunia, Juliana Moechtar sempat mengalami stres yang menyebabkan nafsu makan dan berat badannya turun. caption
Jakarta - Ditinggal orang terkasih untuk selamanya tentu menyisakan luka ya, Bunda. Sama halnya seperti yang dirasakan Juliana Moechtar yang kehilangan suami, Herman Sikumbang gitaris Seventeen.

Kepergian sang suami akibat bencana tsunami Banten, Desember 2018 lalu, sempat membuat Juliana stres. Hal ini juga menyebabkan nafsu makan bunda yang akrab disapa Uli ini berkurang.

"Awal-awal kehilangan almarhum, makan aja enggak bisa jadi daging. Aku enggak makan, turun banget waktu itu, tanpa diet, tanpa apapun," tutur Uli, saat dihubungi HaiBunda, Selasa (1/10/2019).


Setelah dua minggu berlalu, Juliana pun sadar bahwa dia harus tetap sehat demi anak-anaknya. Ia pun berusaha untuk mengembalikan nafsu makannya.

"Aku makan apa aja, tapi enggak nasi, tapi enggak gemuk. Karena pikiran kayaknya, aku makan kue apapun tapi anehnya karena kepikiran jadi berat badan enggak naik," tutur wanita 30 tahun ini.

"Pas kehilangan itu, jadi enggak gemuk sama sekali, malam aku makan, pagi aku makan, karena stres, benar-benar enggak bisa nambah berat badan," sambungnya.

Ditinggal Herman 'Seventeen', Juliana Moechtar Kurus Tanpa DietFoto: Juliana Moechtar Instagram

Dikatakan Kathryn Moore, seorang psikolog di Pusat Pengembangan Anak dan Keluarga Providence Saint John di California, stres bisa membuat kita memprioritaskan tugas-tugas lain di atas urusan perut. Hal ini karena kita berusaha untuk mengalihkan diri dari hal yang menjadi alasan stres. Itulah yang akhirnya membuat kita jadi kurus.

"Setiap kali Anda melewatkan makan, Anda mengurangi kalori dalam sehari, yang mengarah pada penurunan berat badan," kata Moore, dilansir Huffpost.

Selain itu, ditambahkan Vinh Nguyen, seorang dokter keluarga di MemorialCare Orange Coast Medical Center di California, stres bisa menyebabkan kita merasakan mual. Mual adalah bagian dari sistem peringatan tubuh yang memberi tahu ketika ada sesuatu yang salah. Ini artinya gejala stres sudah masuk tingkat yang tinggi.

"Stres menyebabkan mual karena mengaktifkan neurotransmiter dan hormon tertentu yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan," tutur Nguyen.

Penelitian juga menunjukkan stres dapat menyebabkan kelelahan, kapan pun dalam sehari. Dan jika kita tidak hati-hati, itu dapat mengacaukan jadwal harian kita, termasuk kebiasaan makan.

Simak intimate interview dengan Juliana Moechtar dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!