moms-life

Hobi Bikin Kue Jadi Bisnis Menggiurkan, Bisa Dapat Omzet Jutaan

Siti Hafadzoh Minggu, 13 Oct 2019 11:24 WIB
Hobi Bikin Kue Jadi Bisnis Menggiurkan, Bisa Dapat Omzet Jutaan Hobi Bikin Kue Jadi Bisnis Menggiurkan, Bisa Dapat Omzet Jutaan/ Foto: iStock
Jakarta - Bun, suka dengan kue ulang tahun yang berbentuk seperti aslinya? Atau suka dengan kue yang bentuknya lucu-lucu? Itu adalah hasil dari seni dekorasi kue 3 dimensi (3D). Seni dekorasi kue ini bisa lho jadi hobi yang menguntungkan.

Heny Hartini adalah salah satu Bunda yang punya hobi dekorasi kue 3D. Bahkan, hobinya saat ini sudah menghasilkan uang lho, Bun. Ia menjual kue buatannya di media sosial Instagram.

Heny memulai hobi dekorasi kue sejak pertengahan tahun 2016. Awalnya, ia tertarik dengan dekorasi kue 3D karena melihat foto-foto kue di Instagram. Bunda asal Tangerang ini jadi penasaran, gimana sih caranya bikin kue seperti itu?


"Karena waktu itu aku lagi lihat-lihat di Instagram nih, kue kok cantik banget ya? Gimana cara buatnya ya? Berapa lama buatnya? Kok kelihatannya kayak asli. Langsung semua pertanyaan itu terlintas di kepala aku," kata Heny kepada HaiBunda.

Namun, perjalanan hobi Heny enggak mulus-mulus saja, Bun. Banyak tantangan yang ia hadapi. Ibu satu anak ini harus berdesak-desakan di kereta sambil membawa kue yang akan dihias di tempat kursus. Kegagalan juga menjadi hal yang sering Heny temui dalam menjalani hobi dekorasi kue.

"Dulu aku iseng-iseng coba buat adonan untuk buat dekorasi korean flower butter cream. Memang sempat gagal beberapa kali. Entah keras lah, kegosongan, atau kemanisan. Perjuangan banget deh buat menjalani hobi aku ini. Waktu itu pernah di kereta bawa kue dengan kardus sebesar 40x40 cm, disenggol sana-sini. Hampir jatuh juga kuenya," cerita Heny.

Dengan semangat pantang menyerah nih, Bun, kini Heny sudah bisa membuat dekorasi kue 3D dengan berbagai bentuk lho. Enggak cuma kue ulang tahun, Heny juga pernah membuat kue pernikahan. Keren ya, Bun.

Hobi ini kemudian Heny tekuni dan jadi bisnis. Lewat Instagram @aiscakebylimciauai, Heny membuka peluang usaha baru. Harga kuenya beragam nih, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan membuatnya. Untuk kue berukuran 18 cm dengan dekorasi yang simpel, Heny memberi harga 230.000 rupiah. Wah, lumayan kan, Bun kalau punya hobi yang dijadikan bisnis seperti ini. Bisa untuk menambah uang belanja deh.

Hobi Bikin Kue Jadi Bisnis Menggiurkan, Bisa Dapat Omzet JutaanKue 3 Dimensi buatan Heny Hartini/ Foto: Instagram @aiscakebylimciauai

Bunda juga bisa lho menjadikan hobi sebagai bisnis sampingan seperti yang Heny lakukan. Dikutip dari Business News Daily, ada beberapa tips yang bisa Bunda terapkan nih ketika akan membangun bisnis dari hobi.

1. Tentukan pasar

Langkah pertama adalah tentukan kalau orang butuh dan suka dengan sesuatu yang akan Bunda jual. Enggak mau kan waktu dan modal jadi sia-sia karena menjual sesuatu yang enggak ada peminatnya?

2. Mulai dengan perlahan dan konsisten

Kalau Bunda sudah memilih hobi sebagai bisnis sampingan, harus dijalani dengan konsisten ya. Bisnis yang dibangun memang butuh waktu untuk berkembang, Bun.

3. Mengembangkan kemampuan manajemen waktu yang baik

Menyeimbangkan antara bisnis sampingan dengan tanggung jawab utama jadi salah satu yang penting untuk dilakukan. Jangan sampai tugas kantor atau tanggung jawab mengurus anak dan pekerjaan rumah terbengkalai ya, Bun.

4. Manfaatkan media sosial

Seperti yang dilakukan Heny, Bunda bisa jadikan media sosial sebagai tempat promosi yang gratis dan efektif. Dari media sosial ini, orang-orang bisa melihat produk yang Bunda buat.

Kalau sudah memulai bisnis dari hobi, jangan mudah menyerah ya. Gimana, Bun? Tertarik dengan hobi dekorasi kue 3D yang bisa jadi bisnis?

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi