sign up SIGN UP search

moms-life

Jatuh Bangun Nadiem Makarim Rintis Gojek Hingga Melangkah ke Istana

Siti Hafadzoh Selasa, 22 Oct 2019 14:40 WIB
Siapa yang enggak tahu aplikasi ojek online rintisan Nadiem Makarim? Bunda juga pelanggan setia ojek online kan? caption
Jakarta - Beberapa di antara Bunda pasti merupakan pelanggan setia ojek online. Salah satu di antaranya adalah Gojek, karya anak bangsa yang diprakarsai Nadiem Makariem.

Pasti sudah enggak asing dong, Bun, mendengar nama Nadiem. Bos ojek online ini digadang-gadang bakal masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. Nadiem merupakan potret anak muda yang berprestasi.

Kesuksesannya membangun Gojek dalam usia 35 tahun, membuatnya mendapat pujian dari berbagai kalangan. Dikutip dari detikcom, aplikasi garapan Nadiem ini dimulai dengan 20 mitra pengemudi pada tahun 2015, Bun.


Hal itu berawal dari cara pandang bapak satu anak itu melihat peluang dalam profesi yang diremehkan orang. Ya, Nadiem berhasil masuk dalam ceruk yang ditinggalkan orang kebanyakan.

Siapa yang menyangka, dari situlah ide briliannya tumbuh menjadi peluang yang menjadi sumber mata pencaharian banyak orang

"Prejudice orang terhadap pekerjaan sopir ojek dan pekerjaan ojek itu semua salah. Dan mereka itu menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling kuat di Indonesia. Menjadi sektor pelayanan yang paling baik dan paling berguna untuk seluruh Nusantara. Dan bukan hanya di Nusantara, sekarang di mancanegara," kata Nadiem.

Bahkan kini, mengutip CNBC Indonesia, kesuksesan Gojek yang didirikan Nadiem dan kedua temannya, sudah melebarkan sayap ke beberapa negara di Asia Tenggara lho, Bun. Aplikasi karya anak bangsa ini sudah ada di Singapura, Vietnam, dan Thailand. Mereka sekarang punya 2 juta lebih mitra driver. Sangat membuka lapangan pekerjaan ya, Bun.

Jatuh Bangun Nadiem Makarim Rintis Gojek Hingga Melangkah ke IstanaNadiem Makarim di Istana Presiden/ Foto: Nadiem Makarim (Andhika Prasetia/detikcom)

"Kami di sini berusaha untuk menawarkan solusi lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan pekerjaan. Dimana mereka yang hanya punya motor, punya smartphone, dan berkemauan keras bisa bekerja," katanya ketika pertama kali meluncurkan aplikasi.

Ojek online yang identik dengan warna hijau itu sekarang sudah menjadi Decacorn lho, Bun. Decacorn adalah julukan untuk startup yang punya valuasi di atas US$ 10 miliar. Tak heran, Nadiem masuk dalam daftar tokoh-tokoh terkaya di Indonesia menempati urutan 150.

Tapi, katanya Nadiem saat ini sudah melepaskan jabatannya sebagai CEO Gojek, Bun. Sebab, menurut kabar yang beredar disebutkan kalau Presiden Joko Widodo akan mencalonkan Nadiem sebagai Menteri Ekonomi Digital.

Kita doakan semoga langkah Nadiem Makarim ke depan semakin bermanfaat untuk bangsa dan negara ya.

[Gambas:Video 20detik]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!