sign up SIGN UP search


moms-life

Rahasia Diet Sukses Pria Turun Berat Badan 41 Kg dalam 7 Bulan

Annisa Karnesyia Rabu, 23 Oct 2019 07:21 WIB
Pria ini berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 41 kg dalam waktu 7 bulan. Gimana pola diet yang dia terapkan? caption
Jakarta - Beberapa orang punya cara masing-masing untuk menurunkan berat badan. Salah satunya pria asal Singapura bernama Muhammad Shah bin Dewanan atau akrab disapa Shah.

Pria 22 tahun itu berhasil menurunkan berat badan dari 116 kg menjadi 75 kg dalam waktu 7 hari. Mengutip Mothership.sg, indeks massa tubuh (IMT) Shah pada November 2018 adalah 41,59, tujuh bulan kemudian, 30 Juni 2019 turun menjadi 27,25.

Kisah Shah banyak menginspirasi, Bun. Teman dan keluarganya banyak yang tidak percaya Shah bisa bertransformasi dan menurunkan 41 kg dalam tujuh bulan.


"Beberapa teman dan keluarga bilang belum pernah bertemu dengan orang yang bersikeras menurunkan berat badannya sepertiku," kata Shah.

"Bahkan ada beberapa orang yang ingin mulai menurunkan berat badan setelah melihat perubahanku," lanjutnya.

Muhammad ShahMuhammad Shah/ Foto: Mothership.sg

Menurut Shah, dia bisa menurunkan berat badan dengan waktu singkat karena menjalani diet seimbang dan olahraga yang intens. Ditambah keinginan yang kuat dan pengetahuan yang didapat dari internet.

Pola makan yang dijalankan adalah mengonsumsi makanan kaya protein, rendah karbohidrat dan lemak untuk menu makan tiga kali sehari. Selain itu, Shah juga menjauhi minuman manis.

"Luar biasa, selama tujuh bulan aku bahkan tidak minum manis. Aku hanya minum air dan susu segar untuk memulihkan otot setelah olahraga di gym," ujar Shah.

Meski dietnya terlihat ketat, Shah juga punya 'hari curang' atau cheating day yang membebaskan dirinya makan apa pun. Shah bilang, cara ini untuk membantu metabolismenya terjaga tetap tinggi.

Untuk olahraga, pemuda ini rutin melakukan dua kali sehari, pagi dan malam. Namun, dia tetap memberi jeda satu hari untuk istirahat dan tidak olahraga dalam seminggu.

Menu makan Muhammad ShahMenu makan Muhammad Shah/ Foto: Mothership.sg

Bulan September lalu, berat Shah turun di bawah 70 kg. Namun, belakangan naik lagi menjadi 76 kg.

Sebab, Shah sudah mulai mengurangi jadwal olahraga menjadi dua kali seminggu. Kenaikan berat ini bukan lemak ya, tapi massa otot. Sayangnya penurunan berat badan Shah menyisakan kelebihan kulit (excess skin). Selanjutnya, pemuda ini punya target untuk membentuk perutnya agar six-pack.

Bicara soal diet yang baik, menurut ahli gizi Mochammad Rizal, S.Gz, diet sehat adalah diet yang seimbang dengan beragam sumber makanan. Tubuh membutuhkan zat gizi yang lengkap, bukan cuma zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, tetapi juga zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

"Diet yang sehat adalah yang seimbang antara kesehatan dan kebahagiaan pegiatnya. Lalu antara kebutuhan dan keinginan. Diet yang paling baik juga diterapkan dalam jangka panjang," kata Rizal.

Simak juga menu diet dengan menggunakan semangka di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi