moms-life

Profil 5 Srikandi di Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Maya Sofia Rabu, 23 Oct 2019 09:45 WIB
Profil 5 Srikandi di Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan daftar nama menteri Kabinet Indonesia Maju 2019 - 2024. Ada 34 nama menteri yang diumumkan, termasuk lima di antaranya dijabat oleh perempuan.

Beberapa nama lama yang masih masuk dalam Kabinet Indonesia Maju adalah Sri Mulyani serta Retno LP Marsudi. Namun, ada juga dua wajah baru menteri perempuan dalam kabinet ini. Yuk kita kenalan Bun.

1. Sri Mulyani Indrawati


Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sri Mulyani Indrawati kembali terpilih sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sri Mulyani diketahui telah menjabat sebagai Menkeu di kabinet pertama Presiden Jokowi mulai 2016.

Mengutip detikcom, Sri Mulyani merupakan lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia. Perempuan berusia 57 tahun ini meraih gelar Master dan Doctor di bidang Ekonomi dari University Illinois di Urbana-Champaign.

Sri Mulyani sudah beberapa kali menjabat sebagai menteri atau pejabat setingkat menteri dalam kabinet pemerintahan. Mulai dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, hingga Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sejumlah prestasi juga berhasil ditorehkan oleh perempuan asal Lampung ini. Sri Mulyani adalah perempuan sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia pada 2006 oleh Emerging Markets dan perempuan paling berpengaruh ke-23 di dunia versi Forbes.

Soal prestasi yang berhasil diraihnya sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani menuturkan bahwa ia hanya bekerja sebaik-baiknya dan berdoa.

"Resepnya ndak ada (khusus) ya. Kerja saja dan doa," ujarnya.

Klik next untuk simak profil empat menteri perempuan lainnya dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf 2019 - 2014 di halaman berikut. 

[Gambas:Video 20detik]



(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi