menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Simak Penjelasannya Bunda

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 23 Oct 2019 09:40 WIB
Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Simak Penjelasannya Bunda
Jakarta - Beberapa wanita ada yang hobi ngopi. Kadang, kebiasaan berubah setelah menyusui. Sebab, bisa jadi ada kekhawatiran efek minum kopi bagi ibu menyusui. Sehingga, kerap muncul pertanyaan: bolehkah ibu menyusui minum kopi?

Menanggapi pertanyaan misalnya bolehkah ibu menyusui minum kopi susu instan, konselor laktasi Debra Rose Wilson mengatakan banyak ibu hamil menghentikan kebiasaan minum kopi karena takut berdampak buruk pada janin. Tapi, menjawab pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum kopi, kata Wilson efek kopi pada bayi jauh lebih sedikit.

"Sebab, tubuh akan memetabolisme sebagian besar kafein dalam kopi sebelum mencapai ASI hingga berpengaruh pada bayi. Hanya satu persen dari kandungan kafein yang masuk ke ASI. Jadi, ini bisa menjawab kekhawatiran ibu menyusui minum kopi bayi susah tidur misalnya," ujar Wilson dilansir Medical News Today.


Dia bilang, asal jumlahnya tak berlebihan, tak ada masalah bila ibu menyusui minum kopi. Lantas, berapa jumlah yang dianjurkan? Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), maksimal ibu menyusui minum kopi 300mg per hari. Jumlah ini setara 2 sampai 3 cangkir kopi.

Tapi, soal bolehkan ibu menyusui minum white coffee misalnya lebih dari 10 cangkir per hari, kata CDC pasti akan ada gangguan pada bayi. Contohnya, bayi jadi rewel dan gelisah.

"KadarĀ kafein meningkat di ASI selama 1 - 2 jam setelah dikonsumsi. Baiknya, setelah ibu menyusui minum kopi, perhatikan reaksi anak," tambah Wilson.

Memang ya, Bun, pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum kopi sering didengar layaknya pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum teh? Nah, dilansir Health Line, berikut kandungan kafein dalam beberapa minuman.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?/ Foto: thinkstock
Minuman energi: 50 - 160 mg per 240ml
Kopi brewed: 60 - 200mg per 240ml
Teh brewed: 20 - 110 mg per 240ml
Es teh: 9 - 50 mg per 240ml
Soda: 30 - 60 mg per 355 ml
Cokelat panas: 3 - 32 mg per 240ml
Kopi bebas kafein: 2 - 4 mg per 240ml

Jadi, kalau ibu menyusui minum kopi, perhatikan jumlah dan jenis kopi yang dipilih ya.

Selir raja Thailand gelarnya dicopot. Simak 5 fakta soal si selir di sini, Bunda.

Benarkah makan durian lalu minum kopi bikin keracunan? Cek di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi