sign up SIGN UP search


moms-life

Mengapa Cuaca Minggu Ini Jadi Lebih Panas dan 6 Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh Rabu, 23 Oct 2019 12:00 WIB
Bulan Oktober harusnya sudah musim hujan. Tapi kok masih terik begini, kenapa ya? caption
Jakarta - Akhir-akhir ini cuaca terasa terasa lebih panas dan matahari pun jadi terik banget ya, Bun. Padahal, harusnya kan bulan ini sudah masuk musim hujan. Kenapa ya? Prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia akan mengalami suhu panas selama kurang lebih satu minggu.

"Dalam waktu sekitar satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo dikutip dari detikcom.

Kondisi atmosfer yang kering juga menyebabkan kecilnya pertumbuhan awan. Awan kan berfungsi untuk menghalangi sinar matahari. Ketika awan jumlahnya sedikit, sinar matahari akan semakin terik.


Sejak bulan September, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa. Ini dinamakan gerak semu matahari. Gerak semu akan terus ke Bumi selatan hingga bulan Desember mendatang. Nah, wilayah Indonesia bagian Selatan itu ada Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dll. Makanya, sekarang Jakarta dan sekitarnya terasa sangat panas.

Menurut Mulyono, radiasi matahari yang diterima wilayah-wilayah tersebut relatif lebih banyak. Jadi, suhu udara akan meningkat di siang hari.

"Selain itu pantauan dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik matahari," tambahnya.

Kalau suhu udara panas seperti ini semua serba enggak enak ya, Bun. Jadi gerah dan malas beraktivitas di luar ruangan karena matahari yang sangat terik.

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan lho agar tetap nyaman beraktivitas ketika suhu panas seperti ini. Dilansir Medicine Net, ini caranya.

1. Menggunakan pakaian longgar dengan warna terang. Pakaian berbahan akan lebih adem daripada bahan sintetis.

2. Menyemprotkan wajah dengan air dingin setelah dari luar ruangan.

3. Lebih sering mandi.

4. Minum air putih atau air elektrolit lebih banyak.

5. Hindari kosumsi kafein karena akan menyebabkan dehidrasi.

6. Ganti makanan pedas dengan makanan yang membuat sejuk, seperti buah dingin.

Paling penting, kalau panasnya sangat terik, lebih baik hindari beraktivitas di luar ruangan. Kalau enggak ada kepentingan, lebih baik tetap ada di dalam ruangan.

Suhu panas seperti ini memang bikin sakit kepala. Jangan lupa jaga kesehatan dengan melakukan hal-hal tadi ya, Bun.

Di cuaca panas seperti ini, Bunda bisa lho bikin es yang segar untuk anak-anak. Simak di video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi