sign up SIGN UP search


moms-life

4 Fakta Fenomena Cuaca Panas di Indonesia, Ini Tips agar Tak Dehidrasi

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 12 May 2022 13:40 WIB
Cara menghindari dehidrasi caption
Jakarta -

Sejak beberapa waktu terakhir, kita merasakan cuaca lebih panas dibandingkan biasanya ya, Bunda. Fenomena ini terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dan membuat tak nyaman saat berada di luar ruangan.

Menanggapi kejadian ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lantas angkat suara untuk memberikan penjelasan. Melalui media sosial Instagram resminya, BMKG menuangkan empat poin penting yang harus dipahami oleh masyarakat.

Apa saja? Simak selengkapnya sebagai berikut, ya:


1. Wilayah yang mengalami kenaikan suhu

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode tanggal 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celcius dengan suhu maksimum tertinggi hingga 36,1.

Fenomena ini terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara. Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38,8 derajat celcius di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38,8 derajat celcius di Temindung, Samarinda pada tahun 2018.

Banner 5 Tanda Janin MeninggalFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

2. Pemicu

Fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari tersebut dipicu oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau. Akibatnya, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujan akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.
  • Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

Simak kelanjutannya di halaman berikut, ya.

Bunda, simak juga alasan mengapa harus ada air minum di saat anak bermain dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS AGAR TAK DEHIDRASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!