sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Aman Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar

Yuni Ayu Amida Rabu, 30 Oct 2019 08:40 WIB
Berikut ini cara benar menyimpan ikan dalam kulkas agar tetap segar dan nikmat dikonsumsi. caption
Jakarta - Cara terbaik untuk menikmati ikan segar adalah langsung mengolahnya setelah membeli, Bunda. Namun, kadang kita tidak bisa setiap hari belanja ikan ke pasar. Jadi, setelah beli dalam jumlah banyak, lalu ikan kita simpan di dalam kulkas.

Dikatakan pakar keamanan pangan, CiCi Williamson, daging atau unggas yang dibekukan tidak memengaruhi nilai gizinya. Bahkan disimpan selama sebulan atau lebih pun tidak jadi masalah, selama penyimpanannya benar.

"Tetapi perhatikan kandungan lemaknya. Semakin gemuk dagingnya, semakin baik dagingnya membeku, seperti ikan. Cari potongan yang lebih besar dan kemasan yang tertutup rapat, dan pastikan freezer tetap sedingin mungkin," ujar Williamson, dilansir Washington Post.


Hal senada pun diungkapkan koki yang berbasis di Philadelphia, Aliza Green bahwa ikan beku tidak kalah nutrisinya dengan ikan segar.

"Jangan terlalu memikirkan yang beku versus yang segar. Masalah terbesar adalah bahwa orang tidak makan ikan yang cukup, bukan karena mereka makan ikan 'salah'," tutur Green.

Nah, terkait menyimpan ikan dengan benar di rumah, apakah Bunda sudah tahu caranya?

7 Tips Aman Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap SegarFoto: iStock


Mengutip Recipe Tips, hal yang perlu diingat saat kita akan menyimpan ikan, pertama dan terutama adalah pastikan tangan kita bersih setiap kali memegang ikan mentah. Nah, ikan segar dapat disimpan pada suhu 4 derajat Celsius atau kurang, selama dua hingga tiga hari.

Namun, jika ingin disimpan lebih lama dari itu, ikan tersebut harus dibekukan. Bekukanlah ikan selagi masih segar dalam freezer pada suhu minus 17 derajat Celsius atau kurang. Juga, pertimbangkan berapa banyak ruang penyimpanan freezer yang kita miliki.

Berikut ini tips aman menyimpan ikan agar tetap bisa segar saat dikonsumsi:

1. Pastikan ikan dibersihkan dengan benar sebelum disimpan.

2. Bekukan ikan segar sesegera mungkin untuk menjaga kualitasnya agar tetap baik.

3. Saat menyimpan dalam lemari es, pastikan suhunya 4 derajat Celsius atau kurang. Saat ingin dibekukan, suhu diturunkan sampai minus 17 derajat Celcius atau kurang.

4. Bungkus masing-masing potongan ikan dalam plastik atau foil, tutup rapat dan usahakan tidak ada udara, kemudian masukkan dalam freezer. Pastikan jumlah ikan yang dimasukkan dalam bungkus plastik tersebut sesuai jumlah porsi yang dibutuhkan.

5. Jangan mengemas ikan langsung dalam jumlah banyak di setiap kantong. Tujuannya untuk memudahkan ikan agar cepat beku.

6. Jangan bekukan ulang ikan yang telah dicairkan. Saat mencairkan ikan, keluarkan ikan dari freezer, rendam dalam air dingin, ganti 30 menit sekali. Jangan biarkan dia mencair begitu saja di suhu ruangan, karena takutnya nanti cepat busuk.

7. Saat menempatkan dalam freezer, jangan menumpuknya di satu area. Coba sebarkan di freezer agar membeku lebih cepat. Setelah benar-benar beku, barulah ikan tersebut dapat ditumpuk dengan rapi di atas satu sama lain.

Tonton resep ikan tongkol sambal rica.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!